nhk

MotoGP 2015 Jelang Misano: Rossi Sudah Taklukkan 23 Sirkuit, di Misano Skor 3 – 3 Dengan Lorenzo

 

ManiakMotor – Semakin sulit saja mengejar rekor demi rekor ditorehkan Valentino Rossi. Bukan Cuma jumlah kemenangan yang fantastis, jumlah sirkuit yang ia taklukkan juga sama fantastisnya.

Finish pertama di Silverstone (Inggris) lalu sekaligus kemenangan perdana The Doctor di sana. Dengan begitu tercatat sudah 23 sirkuit di mana ia tampil sebagai juara. Itu baru di premier class, lho! Ke-23 trek itu adalah Losail (Qatar), Termos de Rio Hondo (Argentina), Jerez (Spanyol), LeMans (Prancis), Mugello (Italia), Catalunya (Spanyol), Assen (Belanda), Sachsenring (jerman), Indianapolis (AS), Brno (Rep.Ceko), Silverstone, Misano (San Marino), Sepang (Malaysia), Motegi (Jepang), Philip Island (Australia) dan Valencia (Spanyol).

Dari 18 sirkuit yang dipakai musim ini, tinggal dua trek yang belum pernah dijuarai Rossi, yakni Austin (AS) dan Aragon (Spanyol). Tujuh trek lain yang tak masuk kalender 2015 tapi juga sudah dijuarai Rossi adalah Donington (Inggris), Estoril (Portugal), Laguna Seca (AS), Rio de Janeiro (Brasil), Shanghai (China), Suzuka (Jepang) dan Welkom (Afsel).

Jika digabung dengan kemenangan di kelas 125 dan 250 cc maka jumlah sirkuit yang dimenanginya jadi 29. Enam trek itu adalah Buenos Aires (Argentina), Imola (Italia), Nurburgring (Jerman), Paul Ricard (Prancis), Sentul (Indonesia) dan Shah Alam (Malaysia).

Selain Austin dan Aragon, ada 5 sirkuit lain di mana Rossi gagal membukukan juara. Masing-masing A1-Ring (Austria, tampil sekali 125 cc), Eastern Creek (Australia, 1 – 125cc), Istanbul (Turki, 3 – MotoGP), Jarama (Spanyol, 1 – 250cc), dan Johor (Malaysia, 1 – 250 cc).

Lantas di trek mana Rossi paling banyak jadi nomor satu? Jawabannya Assen, Catalunya dan Mugello dengan masing-massing 9 kali juara. Di kelas para raja, Assen dan Mugello yang terbanyak, masing-masing enam kemenangan.

Macam mana di Misano yang pekan depan menjadi ronde ke-13? Ah, ternyata Rossi dan Jorge Lorenzo sama kuat di sana. Masing-masing koleksi 3 kemenangan MotoGP. Siapa ya yang bakal ubah jadi 4 – 3? Masih segar Rossi menang tahun lalu, padahal motornya belum sebagus sekarang. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Misano: Tetap Saja Rossi Yang Diunggulkan Di Kandang Dewek

MotoGP 2015 Jelang Misano: Walah…! Lorenzo Yakin Tekuk Rossi di Ronde Sisa

MotoGP 2015 Jelang Misano: Rossi Jadi Gerbong Italiano di Semua Kelas

MotoGP 2015 Jelang Misano: Rossi Masih Muda, Di Hanya Ke-10 Juara Seri Tertoku

MotoGP 2015 Jelang Misano: Zarco Bertahan di Moto2, Nyambi Test Rider KTM MotoGP 2016

BAGIKAN