nhk

MotoGP 2015 Jelang Motegi: Rossi – Lorenzo Masih Jauh, Kesempatan Jurdun Bagi Zarco dan Kent

 

ManiakMotor – Perburuan gelar juara dunia MotoGP antara Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo masih panjang. Dan di situlah empat seri ke depan tetap oke dinanti. Tak demikian halnya di Moto2 dan Moto3, bisa terwujud di Motegi pada Minggu (11/10).

 

Bagi Rossi dan Lorenzo yang hanya dipisahkan 14 poin di klasemen, hasil Motegi memang sangat krusial. Tapi, apapun hasilnya belum akan menentukan siapa pemegang mahkota juara 2015. Bisa jadi perburuan tetap berlanjut sampai seri pamungkas di Valencia. Tegang kan.

Beda dengan Johann Zarco di Moto2. Gagal mengunci gelar di Aragon gara-gara Tito Rabat jadi juara, kesempatan kembali terbuka di Motegi. Unggul 78 poin di klasemen dengan sisa empat ronde balapan, Zarco hanya perlu berjuang agar tetap unggul 75 poin di Motegi dan itu artinya ia sudah pastikan gelar 2015. Gampangnya, jika finish Motegi di depan Rabat maka Zarco jadi jurdun 2015 meskipun akan tidur-tiduran saja pada tiga seri lanjutan di Australia, Malaysia, dan Valencia.

Danny Kent juga punya peluang mengunci gelar jurdun Moto3 di Motegi, namun teorinya lebih berat dibandingkan Zarco. Kent saat ini unggul 55 poin dari Enea Bastianini di peringkat 2. Ia butuh tambahan 20 poin. Jika juara di Motegi sementara Bastianini hanya finish ke-11 atau lebih rendah maka Kent pastikan gelar jurdun. Atau jika ia runner up sedangkan Bastianini gagal petik poin, Kent juga berhak atas mahkota 2015.

Dua syarat itu tentu tak mudah diraih Kent karena Bastianini yang pakai knalpot R9 made in Indonesia juga tampil apik musim ini. Tapi, yang namanya mungkin selalu bisa terjadi.

Uniknya, Zarco dan Kent meraih kemenangan pertama Grand Prix mereka di Motegi. Masing-masing pada musim 2011 dan 2012. Di situ jugakah mereka akan jadi jurdun kali pertama? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Motegi: Lorenzo Cidera Sungguhan atau Trik Hadapi Rossi?

MotoGP 2015 Jelang Motegi: Rossi vs Lorenzo di Motegi, Skor Sementara 1 – 3

MotoGP 2015 Jelang Motegi: Giliran Lorenzo Kecelakaan Saat Latihan Fisik, Kena Luka Lama

MotoGP 2015 Jelang Motegi: Rabat Naik ke MotoGP, Besut Honda RC213V

MotoGP 2015 Jelang Motegi: Lorenzo Lampaui Stoner, Jauh Dengan Rossi

BAGIKAN