nhk

MotoGP 2015 Jelang Motegi: Rossi Terapkan Taktik Race to Race, Tergantung Situasi

 

ManiakMotor – Jorge Lorenzo sudah berancang-ancang merebut kemenangan di semua seri sisa. Hanya itu cara menaklukkan  Valentino Rossi di klasemen. Tapi, tak demikian halnya dengan The Doctor. Ia ingin bermain setahap demi setahap. “Saya akan putuskan strategi dari satu race ke race berikutnya, tergantung situasi,”  kata Il Dottore.

Situasi yang dimaksud tentu berkaitan dengan kondisi dan posisi Lorenzo pada saat tersebut. Jika situasi menuntut Rossi harus fight maka itu akan ia lakukan seperti saat meladeni Dani Pedrosa di Aragon.  Saat itu ia tak berminat main aman di posisi ketiga dan memilih ambil risiko mencapai finish runner up. “Saat itu saya tak ingin kehilangan lebih banyak poin dari Jorge. Lagipula saya percaya kepada Dani untuk lakukan duel yang fair,”  katanya.

Sebaliknya jika posisi Lorenzo tak membahayakan maka Rossi akan bermain dengan   prinsip amankan poin macam di Misano. Tak perlu ngotot menuju podium setelah tahu Lorenzo terjatuh, demi hindari risiko yang sama. Ia rela di depan fans kali pertama tak naik podium sepanjang musim 2015.

Kira-kira itulah yang dimaksud Rossi soal keputusan dari race yang satu ke race berikutnya. Ia akui Lorenzo tampil bagus di lintasan kering dengan enam kemenangan musim ini. Ia harus kerja ekstra keras jika balapan di Motegi dan seri berikutnya berlangsung normal alias tak turun hujan macam Silverstone dan Misano yang menyulitkan Lorenzo.

Meski sadar lawannya lebih tangguh di lintasan kering, Rossi tak berniat mengubah gaya bertarungnya di lintasan. “Tetap menggunakan cara dan pendekatan yang sama seperti 20 tahun ini saya lakukan. Jorge selalu tampil fantastis di trek kering. Kami bermain poin demi poin membuat rivalitas tahun ini sangat sengit.”

Unggul 14 poin saat ini maka strategi race to race yang akan diterapkan Rossi memang realistis. Ambil contoh di Motegi nanti, jika buntut Lorenzo masih kelihatan, ya kejar.  Jika Mas Lorenzo sudah ngacir duluan dan menjauh maka perjuangan Kang Rossi tak terganjal musuh di depannya, agar poin tidak terkuras banyak. Lain soal jika ia ada di depan Lorenzo, itu akan lebih enak atur strategi. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Motegi: Pedrosa Tebar Ancaman, Modalnya Sukses Gedor Rossi di Aragon

MotoGP 2015 Jelang Motegi: Presiden Jokowi Campur Tangan, Indonesia Tuan Rumah MotoGP

MotoGP 2015 Jelang Motegi: Masih Cidera, Marquez Ingin Jaga Kehormatan Honda

MotoGP 2015 Jelang Motegi: Untuk Mencegat Rossi, Lorenzo Butuh Bantuan Honda dan Ducati

MotoGP 2015 Jelang Motegi: Rossi Bicara Kecelakaan Test Aragon, Belum Nyaman Di Momen Penting & Genting

BAGIKAN