nhk

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Aprilia Luncurkan Paket Lengkap SSG

ManiakMotor – Sebagai tim pabrikan Italia, Aprilia jelas tak ingin tampil sekadarnya di Autodromo del Mugello. Ini home race mereka seperti halnya Ducati. Maka meluncurlah Seamless Shift Gearbox (SSG) kali pertama dalam mesin Aprilia RS-GP. Paket full lho!

SSG yang belakangan berperan sangat vital di MotoGP sudah diuji coba Aprilia pada tes Jerez tempohari. Tapi, belum digunakan di LeMans karena memang rencananya akan diluncurkan perdana di Mugello. Pada tes itu hanya Alvaro Bautista yang uji SSG yang bikin motor lebih stabil, nyaman, dan mulus saat berakselerasi maupun deselerasi. Saat itu Bautista bilang SSG mereka sudah mirip dengan milik Honda.

“Jadi, saya sangat termotivasi untuk memakainya dalam balapan. Selain seamless gearbox, Aprilia juga mengusung sejumlah part baru. Saya yakin akan dapat hasil lebih dari sebelumnya,” kata mantan rider tim satelit Honda itu.

Itu SSG layak ditunggu karena lagsung dibuat dalam paket full, yakni katif saat naik maupun turun gigi. Untuk Mugello kali ini Aprilia RS-GP juga memakai sasis anyar dan sejumlah pengembangan penting di sektor aerodinamika.

Dengan pengembangan teknologi itu bukan hanya Bautista yang merasa bisa lebih bagus, tapi juga Marco Melandri yang baru tahun ini balik lagi ke MotoGP. Sebagai Italiano, ia harap motor barunya bisa membawanya finish ke-15 Besar sekaligus dapatkan poin perdana musim ini. Dalam lima seri terdahulu baru Bautista yang dapat poin berkat finish ke-15 dalam dua balapan.

“Berbagai perubahan teknologi, khususnya sasis, membuat saya lebih mantap di atas motor. Sebagai pembalap Italia dan membela tim Italia, balap di Mugello sangat berbeda dan berharap besar juga bisa tampil beda,” kata Melandri yang dari MotoGP sempat hengkang ke WSBK dan kini kembali lagi.

Dengan masuknya Aprilia sebagai pengusung teknologi SSG, kini tinggal Suzuki selaku pabrikan yang belum memakai teknologi tersebut. Bukannya tak mau atau tak mampu, namun pabrikan Jepang itu berencana luncurkan SSG-nya pada seri Catalunya mendatang. Bertepatan dengan home race kedua pembalapnya, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. Andro

Baca Juga

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Awas, Serangan Balik MM93!

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Kibarkan Tricolore, Rossi atau Dovi?

Suzuka 8 Hours Endurance 2015: Rossi – Lorenzo Fokus Jurdun, Yamaha Kirim Anak Satelit Ngelawan Stoner

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Skor Sementara 4-1 Buat Yamaha, Saatnya Honda Merevisi RC213V?

BAGIKAN