nhk

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Honda Bermasalah, Lorenzo Minta Yamaha Manfaatkan Situasi

ManiakMotor – Mumpung Honda tengah bermasalah dengan RC213V spesifikasi 2015, Yamaha harus bisa petik keuntungan sebisanya. Begitu penilaian dan keinginan Jorge Lorenzo untuk pertajam kans Yamaha di kejuaraan dunia.

 

Penilaian JL tak berlebihan. Dibandingkan versi 2014, RCV kali ini memang tampil sangat beda. Marquez sudah jelas mengeluhkan motornya, terlebih di LeMans kala itu motor langsung lemes egitu cuaca berubah panas dan sulit mendapatkan setingan baru secepatnya. Beda dengan tahun lalu yang set up-nya tinggal sikit-sikit perubahan menghadapi segala macam kondisi cuaca.

“Marc sendiri sudah membuat beberapa kesalahan dan kehilangan banyak poin. Honda juga tampak bermasalah ketimbang motor tahun lalu. Ini kesempatan Yamaha mengambil keuntungan.  Kami harus tetap meraih kemenangan, atau finish setidaknya podium jika memang tak mungkin menang,” ujar JL yang bersama Valentino Rossi kini menguasai klasemen pembalap.

Dalam lima balapan awal, Yamaha kini mengantongi 4 kemenangan sdangkan Honda baru satu. Rossi dan JL di puncak kalsemen dengan poin 102 dan 87 sementara Marquez di posisi 4 dengan poin 69.

Di sisi ain, Yamaha sendiri mengalami perkembangan signifikan. M1 versi 2015 terbilang tokcer, terlebih setelah meluncurkan paket lengkap SSG yang aktif naik dan turun gigi. Kini M1 sangat stabil kala deselerasi jelang tikungan dan bisa melakukan pengereman lebih dalam.

“Area itu kelemahan utama kami dibandingkan Marc pada tahun lalu. Ia dapat marjin waktu karena bisa lakukan pengereman jauh lebih dalam. Kini M1 jauh lebih bik dan bisa menyaingi lawan dalam kecepatan masuk dan keluar tikungan,” terang Rossi.

Usai seri LeMans, Marc sudah minta Honda berbenah menjelang seri berikutnya di Mugello. Permintaan yang juga realistis demi menjaga potensi diriya tetap di jalur kejuaraan dunia, maklum sudah defisit 33 poin. Itu kondisi terburuknya sejak main MotoGP pada 2013. Andro

Baca Juga

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Tes Fisik Pedrosa, Perlu Sedikit Lagi Waktu di Atas RC213V

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Kekompakan Espargaro Bersaudara, Cidera pun Sama-Sama

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Rossi Bisa Makin Ganas Jika Bagus di Q2

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Giliran Aleix Masuk Kamar Operasi

BAGIKAN