nhk

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Italian Fever di Semua Kelas, Rossi Terharu

ManiakMotor – Pentingnya local hero tampak jelas di GP LeMans lalu dengan semkainmembludaknya penonton, jauh dari edisi tahun lalu. Tak lainkarena tuan rumah Prancis punya jagoan di Johann Zarco (Moto2) dan Fabio Quartararo (Moto3) yang tengah kinclong. Bagaimana anak-anak Italiano di GP Italia pekan depan?

Bisa jadi kan jauh lebih heboh dan riuh. Pemicu utamanya adalah Valentino Rossi, sang legnd yang masih memimpin klasemen sementara. Hiruk pikuk lain datangdari tifosi fanatik Ducati bernama Ducatisti, terlebih dua rider Italianonya, Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone, tengah apik dan mampu nangkring di grup 5 Besar klasemen sementara.

Di Moto2, kiprah anak Italia memang belum menonjol, tapi adalah yang bisa diandalkan tuan rumah macam Franco Morbidelli yang berada di urutan 6 klasemen.

Di kelas Moto3 bisa jadi bakal lebih asyik di Mugello setelah All Italian Podium di GP Prancis lalu.Itu kali kedua musim ini setelah podium Rossi, Dovi da Iannone di GP Qatar.

Di tengah dominasi Spanyol dalam beberapa tahun terakhir, kini mulai bermunculan talenta-talenta muda Italia. Peran Rossi tak bisa diabaikan dalam upaya ‘mereformasi’ pembinaan pembalap muda negerinya dengan mendirikan VR Academy dan kemudian membentuk tim Sky VR46 Racing di kelas Moto3.

Kini hasilnya mulai tampak dalam wujud All Italian Podium di LeMans tadi. Romano Fenati yang jadi juara adalah anak didik Rossi di tim Sky VR46, sementara Enea Bastianini dan Francesco Bagnaia adalah para remaja yang akrab dengan VR46 Academy. Bagnaia malah tahun lalu rekan setim Fenati di dalam timnya.

“Saya tak ingin katakan kalau saya sangat terharu, tapi itulah yang terjadi karena Romano juara. Di sisi lain, anak-anak Academy juga tampil kencang. Pecco ikut di podium, Antonelli (finish ke-5) dan Migno (finish ke-9) juga kencang. Saya sangat menikmati permainan dan perjuangan mereka,” kata Rossi.

Situasi yang tengah melambungkan para rider Italia itu kini menciptakan Italian Fever atau Demam Italia di seluruh negeri spagheti itu. Semuanya makin asyik omong balapan. Tiket masuk untuk balapan pada 31 Mei nanti pun dikabarkan sudah tuntas…tas…tas.

Di Prancis, local hero-nya memang gagal jadi juara meski didukung penonton di sepanjang lintasan. Macam mana di Mugello nanti, bisakh podium didominasi anak-anak Italia?Bisakah bocah-bocah VR46 Academy kembali bikin haru bos besarnya? Andro

Baca Juga 

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Podium Saja Tak Cukup Bagi Ducati, Harus Menang

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Marquez Masih Galau Tapi Tetap Optimis

MotoGP 2015: Bos Dorna Janjikan Indonesia Gelar MotoGP, Tapi Harus Bla..Bla…Bla!

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Honda Bermasalah, Lorenzo Minta Yamaha Manfaatkan Situasi

BAGIKAN