nhk

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Kibarkan Tricolore, Rossi atau Dovi?

ManiakMotor – Gran Premio d’Italia selalu sesak penonton dan riuh menyemangati para rider Italiano. Kehormatan besar buat pembalap Italia yang bisa kibarkan Tricolore, sebutan untuk bendera Italia, di Autodromo del Mugello. Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso punya kesempatan pada Minggu (31/5).

 

Buat para pembalap Italia, Mugello menjadi trek yang harusnya sudah khatam alias hafal sampai sudut terkecilnya. Maklum, lay out treknya sama sekali tak berubah sejak dipakai balap Grand Prix pada 1976. Sudut-sudut tikungannya yang berjumlah 15 (6 kiri 9 kanan) masih sama. Padahal, fasilitas sirkuit milik Ferrari itu sudah beberapa kali direnovasi. So, ndak salah kalau sempat ada suara miring kalau karakter lintasan 5,245 km itu sengaja tak diubah karena cocok dengan Rossi.

Ya, Il Dottore memang pembalap paling sukses di situ dengan 11 podium yang 9 di nataranya adalah kemenangan. Di era MotoGP ia koleksi 7 kemenangan, lima di antaranya berturut pada 2004 sampai 2008.

Kini setelah ‘puasa’ sejak 2009, Rossi datang lagi dengan status favorit juara. Performa apik dalam laga awal musim 2015 jadi bukti keandalan eknis M1 yang digebernya, juga bukti kalau skill dan determinasinya masih oke punya.

Mampukah Rossi kibarkan Tricolore?

Tinggal tunggu bukti lima hari lagi. Jika doski gagal maka kesempatan juga terbuka buat Andrea Dovizioso. Sebagai joki Ducati yang jadi ‘motor nasional’ Italia, ia malah lebih bersemangat mengerek Tricolore. Lima podium raihan Desmosedici GP15 tahun ini, katanya, harus ditingkatka jadi kemenangan di Mugello. Itu sebab Ducati sudah lakukan tes dan persiapan tersendiri di Mugello pada dua minggu lalu. Meski dalam tes itu rider kedua Andrea Iannone lebih kencang, tapi Dovi lebih diunggulkan karena pengalaman panjangnya di Mugello. Ia memang baru 4 kali podium tanpa kemenangan di Mugello, tapi itu dulu. Beda dengan sekarang berbekal GP15. Ducati sendiri baru seklali menang di Mugello, lewat Casey Stoner pada 2009.

Potensi duel ulang Rossi dan Dovi seperti di Qatar memang terbuka. Pasalnya kombinsi tikungan Mugello didominasi oleh tikungan cepat yang merupakan makanannya M1, sementara trek lurus sepanjang 1,141 km sepertinya akan jadi milik GP15.

Pastinya Bro, tantangan Rossi dan Dovi dating dari Jorge Lorenzo dan Marc Marquez. Keduanya bisa jadi penghalang Tricolore berkibar pada tiang tertinggi. Andro

Baca Juga

Suzuka 8 Hours Endurance 2015: Rossi – Lorenzo Fokus Jurdun, Yamaha Kirim Anak Satelit Ngelawan Stoner

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Skor Sementara 4-1 Buat Yamaha, Saatnya Honda Merevisi RC213V?

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Bangun Motor Sendiri, Main di Trek Sendiri, Mantaplah Rossi!

MotoGP 2015: Bentrok Kepentingan, GP Ceko Terancam Bubar, Cermin Buat Indonesia

BAGIKAN