nhk

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Rossi Bisa Makin Ganas Jika Bagus di Q2

ManiakMotor – Sudah jelas sekali M1 musim ini jauh lebih paten dari musim lalu. Lima podium berturut jadi bukti pula kalau Valentino Rossi masih layak favorit. Sayang, The Doctor punya kelemahan yang kudu ditutup secepatnya?

 

Rossi memang dari dulu ogah pol-polan di sesi latihan dan kualifikasi, karena faktanya kemudian memang apik di balapan biarpun start dari row 2 atau 3. Tahun ini juga begitu.  Dari 5 balapam, ia masing-maing start dari grid 8 (Qatar), 4 (Austin), 8 (Argentina), 5 (Jerez), dan 7 (LeMans). Tak sekalipun front row, tapi sukses podium yang 2 di antaranya jadi juara. Artinya pace dan skill The Doctor mumpumi mengejar lawan sejak pertengan lomba. Artinya lagi, anai ia start dari front row maka proses pengejeran itu tentu akan lebih mudah. Itu mulai jadi perhatian The Doctor dalam rangka mempertahankan posisi puncak klasemen.

“Beda sekali dengan saat balapan, saya acap bermasalah di sesi latihan dan terbawa ke sesi kualifikasi. Itu kelemahan yang mesti dibenahi. Di LeMans tak bias kejr Jorge (Lorenzo) karena sudah sibuk menghadapi beberapa pembalap lain dan banyak kehilangan waktu, sementara Jorge di depan dengan keuntungan konsentrasinya tak terpecah,” ujar Rossi.

Itu alasan yang sangat benar. Rossi sudah harus mikir dapatkan grid di depan agar lebih mudah di balapan. Pasalnya, kini kekuatan motor pabrikan makin merata dengan hadirnya Ducati di papan atas, plus motor-motor satelit yang lajunya sudah mendekati pabrikan.

Hal itu pun diakui Lorenzo. Akan sangat beda kondisi balapan andai Rossi memulai lomba dari baris depan.

“Ia selalu kesulitan saat kualifikasi, tapi bagus saat balapan,” ujar Lorenzo sekaligus bersaksi kalau akan sangat sulit melawan rekan setimnya itu jika bagus pula di Q2.

Sebelumnya, Marc Marquez sang jurdun bertahan pun bilang kalau posisi start The Doctor tak pernah jadi acuan penilaiannya untuk memprediksi peluang.

“Valentino selalu bikin perbedaan saat balapan. Anda tak bisa menakar peluangnya hanya dari hasil kualifikasi,” tegas Marquez.

Kesimpulan sederhananya Brosist, jika startdari tengah saja bisa podium maka logikanya Il Dottore akan jauh lebih gansa jika sejak start sudah bisaa tarung di baris depan. Dan, itulah yang tengah diupayakan Rossi dengan tim teknisnya, terlebih di Mugello nanti yang jadi home race-nya. Andro

Baca  Juga

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Giliran Aleix Masuk Kamar Operasi

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Rossi dan Lorenzo Menyemangati Marquez

MotoGP 2015 LeMans (Pasca Race): Marquez vs Iannone 17 Kali Saling Salip, Smith Asyik Jadi Penonton

MotoGP 2015 LeMans (Pasca Race): GP15 Langsung Gaspol ke Mugello

BAGIKAN