nhk

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Runtuhnya Dominasi Honda, Tantangan Berat Marquez – Pedrosa

ManiakMotor – Untuk sementara bolehlah dibilang dominasi Honda runtuh di lima ronde awal MotoGP. Dalam tiga katagori lomba MotoGP tak satu pun dipimpin anak Honda. Akankah makin parah di Mugello?

Agar tak benar-benar runtuh, duet Marc Marquez dan Dani Pedrosa memang harus menangguk poin maksimal di Mugello. Kalau bisa ya kembali finish 1-2 seperti acap terjadi musim lalu dan tahun-tahun sebelumnya. Hanya itu situasi yang bisa menolong tim agar terdongrak dalam klasifikasi kejuaraan dunia pembalap, kejuaraan konstruktur maupun kejuaraan tim. Dalam tiga katagori lomba itu, Honda kini kalah dari Yamaha dan Ducati. Benar-benar ironis jika dibandingkan musim lalu saat Honda memborong semuanya.

Pada klasemen pembalap, Marquez saat ii bercokol di urutan 4 dengan poin 69. Di atasnya ada Valentino Rossi (102,) Jorge Lorenzo (87) dan Andrea Dovizioso (83). Pada kejuaraan manufaktur, pabrikan Honda pun hanya posisi ketiga di bawah Yamaha dan Ducati. Masing-masing dengan poin 116, 86, dan 85.

Dalam kejuaraan tim, malah lebih telak lagi. Yamaha memimpin dengan poin total 189, diikuti Ducati (144), dan Honda yang baru 84 karena Pedrosa absen di tiga seri dan Marquez DNF di Argentina.

Langkah perburuan memang belum berakhir karena masih ada jadwal 13 kali balapan di depan. Kerja keras mereduksi defisit poin sudah harus dilakukan pada seri terdekat, GP Italia, yang sesi latihannya berlangsung Jumat 29 Mei.

Menjadi sebuah penantian menarik, mampukah duo Repsol Honda mengganyang Yamaha dan Ducati, terlebih dengan spirit tuan rumah milik Rossi, Dovi, dan Iannone?

Apa pun bisa terjadi sampai balapan benar-benar finish, itu slogan yang selalu menyemangati para pembalap yang tertinggal. Sebagai pembalap profeioal, situasi itu justru jadi tantangan Marquez dan Pedrosa. Apalagi, bicara kondisi fisik, keduanya jelas lebih baik dari ronde sebelumnya.

“Kelingking sudah tak bermasalah. Akan sangat tak mudah melawan Valentino di Mugello, juga Ducati. Yang harus kami lakukan hanyalah mempersiapkan motor agar benar-benar punya setingan mantap di raceday. Di LeMans kami bermasalah, kini saya sangat termotivasi untuk menebusnya di Mugello,” tegas Marquez yang tahun lalu memenangi balapan di MUgello di tengah gemuruh dan berisiknya para fans The Doctor.

Semangat sama diapungkan Pedrosa meski belum secara tegas berani membidik podium, apalagi kemenangan seperti raihannya pada musim terdahulu.

“Penyakit arm pump sudah pulih, malah lebih bagus dari perkiraan. Mugello memang selalu sangat berisik oleh ulah fans. Tapi, kamijuga punya fans di sana, dan saya akan coba tarung sebaik mungkin untuk menyenankan mereka dan awak seluruh tim,” katanya.

Semangat dan siap nyali bertarung tentu jadi modal awal melawan para Italiano di kandang mereka. Asalkan RC213V bisa diandalkan, jelas beralasan untuk mendorong Marquez dan Pedrosa ke baris depan. Nyok ditunggu wae! Andro

Baca Juga

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Line Up Komplet Ducati, Mainkan 7 Unit Desmosedici

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Rossi Janjikan Balapan Hebat Dan Menghibur, Pantang Salah Seting

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Tulang Iannone Ternyata Retak, Tapi Siap All Out Lagi

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Potensi Duel Sesama M1, Rossi dan Lorenzo Sama-Sama Berhitung

BAGIKAN