nhk

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Skor Sementara 4-1 Buat Yamaha, Saatnya Honda Merevisi RC213V?

ManiakMotor – Baru satu kemenangan dari lima seri balapan 2015, dengan mudah para penggemar Marc Marquez bilang RC213V spesifikasi 2015 yang bikin gara-gara. Terlebih setelah Marquez keluhkan motornya di LeMans. Benarkah begitu?

Kalau lihat dari hasil, ya Honda memang jeblok sementara ini jika dibandingkan dengan hasil tahun lalu. Saat itu kombinasi MM93 dengan RC213V seng ada lawan, tak tertandingi dan memborong semua seri awal. Tapi, jika melihat background-nya, skor timpang saat ini tak bisa sepenuhnya diarahkan pada kelemahan RC213V versi 2015.

Setidaknya begitulah analisa Team Principal Repsol Honda Livio Suppo. Ia bicara fakta kalau klecepatan Marquez masih bisa diandalkan dan terbukti paling kencang di beberapa sesi latihan maupun kualifikasi. Fakta lain adalah kinerja Cal Crutchlow sebagai pembalap satelit Honda yang juga usung RCV spek 2015. Penampilan rider LCR Honda itu lumayan apik padahal baru musim ini menggeber RC213V dan masih terus beradaptasi.

“Jadi, persoalan sesungguhnya bukan pada RC213V. Kami hanya sedang tak beruntung saja,” ujar Suppo sembari berandai-andai kalau saja di Qatar dan Argentina tidak bikin kesalahan pastilah MM jadi pemenang, dan kalau saja tak dihantam patah jari kelingking di Jerez dan tak salah mengantisipasi perubahan suhu di LeMans tentunya MM juga bisa jadi pemenang.

Intinya menurut Suppo, kecepatan motor Honda saat ini sesuai dengan harapan. Hanya saja tak bisa dimaksimalkan para rider pabrikan karena persoalan yang terkait dengan nasib baik tadi. Dani Pedrosa, misalnya, tak bisa kerahkan kemampuannya 100% di Qatar akibat arm pump dengan akibat harus oerasi dan tidak tampil pada tiga seri di Austin, Argentina, dan Jerez.

Pakbos Suppo boleh saja bilang begitu dan ada benarnya. Tapi, jangan lupa Masbro, sejak ngetes versi 2015 secra utuh dalam tes pra musim Sepang sebenarnya MM lebih suka dengan versi terdahulu. Makanya beberapa komponen 2014 pun dicangkokkan pada motor barunya.

Kini Marquez dan Pedrosa masuk GP Italia di Mugello dalam kondisi fisik yang harusnya sudah bugar. Jika masih kalah juga maka ujian berikutnya terbentang di GP Catalunya, Spanyol, kandang MM, DP dan tim Repsol Honda. Mari tunggu hasil akhirnya karena di situlah nanti baru teruji apakah RC213V masih sangar atau memang harus direvisi menyambut paro kedua musim kompetisi tahun ini. Ya, macam Yamaha yang oprek habis-habisan M1 sejak paro musim 2014 dan hasilnya signifikan sampai saat ini. Andro

Baca Juga 

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Bangun Motor Sendiri, Main di Trek Sendiri, Mantaplah Rossi!

MotoGP 2015: Bentrok Kepentingan, GP Ceko Terancam Bubar, Cermin Buat Indonesia

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Gairah Iannone, Italiano Ke-3 di Kelas Primer

MotoGP Indonesia 2017: Penentuan Dalam Tiga Bulan ke Depan, Semoga Bukan Sekadar Kampanye

BAGIKAN