nhk

MotoGP 2015 Jelang Philip Island: Lorenzo Sangat Butuh Pertolongan Honda

ManiakMotor – Sejak main MotoGP pada 2008, tugas utama Jorge Lorenzo adalah menyingkirkan  semua pemian Honda sebisa-bisanya. Kan untuk itu ia ditarik Yamaha. Kini situasinya berbeda dan menjadi sebuah ironi.

Tiga seri penentu di akhir kompetisi 2015, tak ada kata lain bagi JL untuk memborong kemenangan beruntun di Philip Island, Sepang, dan Valencia. Masih ada syarat lain yang harus dipenuhi agar jadi juara dunia 2015. Valentino Rossi kudu didepak dari posisi runner up dan kalau bisa di luar zona podium. Itu kalai bisa, bro.

Makanya ironis, karena tugas ada pada pembalap lain. Dalam hal ini adalah Marc Marquez dan Dani Pedrosa selaku joki pabrikan Honda  yang memang ngelawan. Diangguki oleh JL, walau pun ngangguknya nggak banyak. “Saya harus menang di tiga balapan itu dan harus ada pembalap lain yang finish di antara saya dengan Valentino,” kata Lorenzo menjelang berangkat ke Australia, namun belum bicara langsung pada Pedrosa dan Marqquez untuk minta tolong, hehe.

Jika Rossi runner-up terus, maka poin penuh yang dipetik JL tak cukup untuk menutup defisit 18 poin yang terjadi saat ini. Katakanlah JL juara di tiga balapan sisa dengan petik nilai 75, sedangkan Rossi runner up dengan 60 poin, maka The Doctor masih unggul 3 angka di klasemen akhir. “Kejuaraan ini belum tamat. Banyak hal bisa terjadi. Ingat musim 2013, saya hanya kalah 4 poin dari Marquez di kejuaraan dunia,” imbuh JL mencoba menyemangati diri sendiri.

Bedanya, saat itu semua bergantung pada penampilannya sendiri. Sekarang sangat bergantung pada penampilan pembalap lain yang notabene adalah musuhnya. Yang jadi pertanyaan bukan hanya mau atau mampukah MM dan DP menekan Rossi keluar dari posisi runner up. Tapi, hal utama yang harua ia hadapi adalah performa Rossi sendiri yang kinclong musim ini. Terlebih lagi pada penerapan strategi The Doctor yang acap mengejutkan.

Di luar hal itu, mari melihat data dan fakta. Untuk menjuarai seri Philip Island, justru yang lebih difavoritkan adalah Rossi. JL tak punya reputasi cemerlang pada sirkuit di tepi laut itu.  Tujuh kali main MotoGP sejak 2008, JL hanya sekali juara di Philip Island pada 2013. Itu pun tertolong oleh kasus diskualifikasi terhadap Marquez akibat melebihi batas waktu masuk ke pitstop saat balapan berlangsung flag to flag. Bandingkan dengan Rossi yang sudah mengoleksi 6 kemenangan dan 7 podium di Philip Island dalam 15 penampilan di kelas primer. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

MotoGP 2015 Jelang Philip Island: Alex de Angelis Kritis, Butuh Perawatan Intensif

MotoGP 2015 Jelang Philip Island: Menang Mental, Kunci Rossi Menyikat Lorenzo

MotoGP 2015 Motegi (Pasca Race): Hasil Serba TakTerduga, Rossi Vs Lorenzo Melonggar Di Klasemen

MotoGP 2015 Motegi (Race): Pedrosa Juara, Manajemen Ban Rossi Mengatasi Lorenzo

BAGIKAN