nhk

MotoGP 2015 Jelang Philip Island: Pakai Ilmu Napoleon, Rossi SiapTempur 27 Lap

ManiakMotor – Menyerang adalah pertahanan yang terbaik. Begitu prinsip Napoleon Bonaparte, tokoh Revolusi Prancis yang menguasai Eropa di abad 18. Elmu itu yang akan dipakai Valentino Rossi, khususnya di ronde Philip Island yang sudah mulai latihan pada Jumat 16 Oktober.

Sejak awal Kang Rossi sudah bilang tak boleh bernafsu dan terburu-buru mencaplok gelar2015 sekaligus gelar ke-10-nya di kancah Grand Prix. Tapi, bukan pula alon-alon waton kelakon macam prinsip sampeyan. Semuanya tergantung situasi dan kondisi, dari satu balapan ke balapan lainnya. “Unggul 18 poin belum menggaransi apapun, masih banyak hal bisa terjadi. Khusus di Philip Island, target terbaik adalah finish di depan Jorge,” tegas Il Dottore.

Itu artinya Kang Rossi akan terapkan gaya menyerang, terpusat kepada Lorenzo semata. Segala sesuatunya akan dirancang sejak sesi latihan. Orientasi catatan waktunya harus selalu Lorenzo. Masa bodoh jika misalnya dua Honda yang berjaya, yang penting M1 Rossi harus kompetitif melawan M1 Lorenzo. Sebaliknya buat Lorenzo yang memburu kemenangan, para joki Honda pun harus bisa ia singkirkan. Kira-kira macam begitu Bro!

Rossi memastikan tidak akan bermain aman sepanjang situasinya memungkinkan saling serang melawan Lorenzo. Lain hal kalau situasinya berbeda, misalnya yang jadi lawan Rossi adalah Marc Marquez maka sangat penting untuk menghindari resiko melawan anak bengal yang acap main agresif itu. Sepanjang musuhnya adalah Lorenzo, so pasti fight terusss. Kalau bisa head to head karena yang demikian lebih disukai The Doctor untuk memompa skillnya, sekaligus hiburan untuk fans MotoGP.

Rossi sendiri sangat percaya diri masuk Philip Island. Ini satu-satunya sirkuit anticlockwise yang ia sukai. Nikung 7 kali ke kiri dan ke kanan 5 kali, tapi hampir seluruh tikungan itu bisa dilibas dalam  kecepatan tinggi. Itu salah satu trek tercepat dunia dengan rata-rata kecepatan 182 km/jam dan top speed 346,2 km/jam.

Pergerakan tubuh yang cepat dari satu tikungan ke tikungan berikutnya juga menguras stamina, terlebih jika cuaca panas karena letak sirkuit yang persis di tepilautan. Durasi balapan yang 27 lap muter-muter di lintasan 4,4 km (total jarak tempuh 120,1 km) juga ikut menguras daya tahan fisik. Itu ujian tersendiri buat Kang Rossi sebagai pembalap tertua di lintasan.

Mari ditunggu, macam mana Kang Rossi akan menerapkan ilmu Napoleon tadi? Bisakah terus menyerang Lorenzo, atau harus lihat kenyataan bahwa bertahan adalah pilihan terbaik? Seperti Rossi bilang, lihat situasinya hehehe! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Philip Island: Pedrosa di Tengah Rivalitas Rossi – Lorenzo

MotoGP 2015 Jelang Philip Island: Tangan Masih Diperban, Marquez Ingin Rusak Skenario Lorenzo

MotoGP 2015 Jelang Philip Island: Lorenzo Siap Duel, Juga Berharap Rossi Bikin Kesalahan

MotoGP 2015 Jelang Philip Island: Soal Titel, Rossi Bilang Sabar… Sabar….

MotoGP 2015 Jelang Philip Island: Strategi Rossi di Mata Marcello Lippi

BAGIKAN