nhk

MotoGP 2015 Jelang Philip Island: Strategi Rossi di Mata Marcello Lippi

ManiakMotor – Fans sepakbola dunia, terlebih lagi pecandu Serie A, pasti tahu yang namanya Marcello Lippi. Doski mantan pelatih Juventus dan juga lama menukangi tim Gli Azzurri alias timnas Italia. Hubungannya dengan MotoGP, ya baca saja terus bro.

Lippi dikenal sebagai ahli strategi. Ia bukan tipe pelatih yang suka taktik catenaccio yang dulu kental di sepakbola Italia untuk bertahan. Ia lebih suka merancang strategi yang berbeda-beda sesuai situasi dan tuntutan permainan tim.

Nah, di situlah persamaan Lippi dengan Valentino Rossi yang menerapkan taktik race to race. Strategi ini dipakai untuk menghadapi Jorge Lorenzo yang poinnya duel ketat di klasemen. “Rossi menerapkan taktik yang brilian di Motegi. Ia menunjukkan diri sebagai pembalap yang dewasa, bijak, dan berkelas. Ia tahu persis apa yang harus dilakukan pada waktu tertentu,” komentar Lippi (67 tahun), seorang figur kharismatik dalam sepakbola Italia.

Usia Rossi yang sudah 36 tahun menurutnya tidak menjadi kendala melawan para pembalap muda. The Doctor punya dedikasi yang tinggi dan itu terwujud karena ia merasakan kemenangan ibarat sebuah kecantikan. “Akan selalu datang para penantang baru. Tapi, jika Anda gunakan semua pengetahuan yang dimiliki dalam sekaian tahun, maka hal itu menjadi kekuatan berbeda untuk melawan para pembalap muda  yang andalkan semangat dan kecepatannya,” tutur Lippi yang membawa Gli Azzurri jadi jurdun Piala Dunia 2006.

Lippi lantas berharap Rossi bisa konsisten menerapkan strategi briliannya yang tak mudah dibaca lawan karena selalu berubah-ubah sesuai situasi. Dani Pedrosa yang lakoni duel panjang melawan Rossi di Aragon jadi saksinya. Ia akui terkejut dengan manuver-manuver Rossi. “Ia menyalip saya di area yang sama sekali tak terduga. Saat itu saya benar-benar tak tahu di mana titik lemah maupun titik kekuatannya,” komentar DP, padahal ia sudah tarung melawan Rossi sejak 2006.

Kalau akhirnya Lippi yakin Rossi akan meraih gelar dunia ke-10-nya musim ini, itu tak semata karena sesama Italiano. Tapi, lebih karena kematangan dan keahlian berstrateginya dari lomba ke lomba. Ia punya kiat untuk diterapkan pada saat yang tepat. Demikian kata Lippi, bukan portal ini lho, malah nggak dikurangi, tambah sikit iya sih! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Philip Island: Rossi Ajak Lorenzo Untuk Fight

MotoGP 2015 Jelang Philip Island: Lorenzo Sangat Butuh Pertolongan Honda

MotoGP 2015 Jelang Philip Island: Alex de Angelis Kritis, Butuh Perawatan Intensif

MotoGP 2015 Jelang Philip Island: Menang Mental, Kunci Rossi Menyikat Lorenzo

MotoGP 2015 Motegi (Pasca Race): Hasil Serba TakTerduga, Rossi Vs Lorenzo Melonggar Di Klasemen

 

BAGIKAN