nhk

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: 5 Kemenangan Beruntun, Modal Marquez Bantai Rossi dan Lorenzo

 

ManiakMotor – Sasis 2014 dengan campuran swingarm dan knalpot baru, motor Marc Marquez mulai sembuh. Sepertinya akan tiba saatnya RC213V balik membantai M1 tunggangan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. 

Pengembangan teknis itu menjadi faktor krusial membaca peluang MM meraih kemenangan kedua musim ini. Tempatnya di ronde 9 GP Jerman di Sachsenring,12 Juli. Kombinasi spek 2014 dengan 2015 itu diakui MM sangat cocok, enak digeber. Bisa menetralkan power mesin.

Paling utama lagi sih, Marquez bisa menjalankan jurus pamungkasnya yang tajam saat ini atau corner entry. Itu motor sudah tak ngepot-ngepot di mulut tikungan dan kecepatannya bisa diatur sesuai yang  diinginkan Marquez. “Masih ada beberapa hal yang harus ditingkatkan. Tapi, solusi saat ini sudah sebuah kemajuan besar,” ujar MM yang musim 2015 ini baru petik satu kemenangan.

Dengan spek gado-gado 2014 campur 2015 itu MM dan pasukan tekniknya datang dengan penuh keyakainan ke Sachsenring. Mereka tahulah, itu sirkuit Honda yang 13 tikungannya pendek-pendek yang berdekatan. Marquez sendiri sangat menikmati 13 tikungan Sachsenring yang saling sambung dengan kebutuhan akselerasi tinggi. Di saat sama, itu tikungan butuh  body work yang lincah. Lima kemenangan beruntun dalam lima tahun terakhir menjadi fakta betapa Sachsenring juga cocok dengan riding style-nya.

Itu dimulai Marquez dengan kemenangan tunggal di GP125 pada 2010, Moto2 musim 2011 dan 2012, selanjutnya sukses di MotoGP pada 2013 dan 2014. “Asalkan cuaca baik, saya yakin akhir pekan ini juga bisa meraih kemenangan,” tandasnya.

Bisa jadi saingan terdekatnya datang dari tim sendiri, Dani Pedrosa. Pasalnya, Pedrosa ini juga selalu kuat di Sachsenring dengan total 6 kemenangan (4 di antaranya MotoGP). Itu jika acuannya dari tradisi selama ini. Tapi, mengacu pada situasi terkini, Yamaha yang mulai pakai SSG komplit sejak awal 2015 pastinya akan tampil lebih mumpuni ketimbang edisi sebelumnya. 

Seperti tulisan terdahulu, Sachsenring menjadi arena pembuktian paling cocok buat SSG baru di M1. Khususnya saat deselerasi (turun gigi) menuju zona pengereman. Jika barangnya oke, bolehlah berharap duel sengit RC213V versus M1 di Assen bisa berlanjut di Sachsenring. Pertanyaan berikutnya, sudah tibakah saatnya giliran MM membantai VR dan JL? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Sirkuit Stop And Go, Ujian Sasis Dan Full SSG M1 Rossi

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Rossi vs Lorenzo, Menanti Ulangan Duel 2009

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Fans Valentino Rossi Bagi-Bagi Tajil, Bukber Juga

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Satu Rekor Rossi Disamakan Dovi

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Rossi- Lorenzo Sibuk Duel, Yamaha Punya Rekor

BAGIKAN