nhk

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Bendung Rossi, Lorenzo Tak Pedulikan Teori

 

 

ManiakMotor – Sasis baru Yamaha tampaknya lebih cocok buat badan dan gaya balap Valentino Rossi ketimbang Jorge Lorenzo. Buktinya di Assen saat Rossi begitu mudah atur distribusi bobot sehingga tetap balans meski motor dikendalikan ‘sembarangan’. Duel dengan  Marc Marquez saja, M1 Rossi terasa enteng di tangannya.

Saat Rossi sudah nyaman dengan sasis barunya maka JL masih mencari-cari format set-up yang terbaik. “Setingan itu yang belum ketemu di Assen,” ucap JL menjelang main di ronde 9 GP Jerman, Sirkuit Sachsenring.

Tentu itu yang jadi fokus awal saat dua sesi latihan digelar pada Jumat 10 Juli. JL sendiri tak terlalu optimis main di Sachsenring, apalagi dengan target mengalahkan Rossi yang lagi on fire. Harus finish di depan The Doctor agar selisih poin yang cuma 10 angka bisa digerus. Itu saja pun tak mudah. “Sachsenring secara teori memang tak cocok dengan Yamaha. Sangat sulit memadukan M1 dengan karakternya yang stop and go,” ucap JL yang rajin podium di Sachsenring tapi belum sekalipun menjadi juara.

Selain berusaha membendung Rossi, keinginan JL juara di Sachsenring juga dipicu  penasaran yang tinggi. Maklum, berturut sejak musim 2009 sampai 2012 ia runner up di sana. “Saya ingin sekali juara  meskipun sekali saja,” ujar JL yang melakoni duel dahsyat melawan Rossi di tempat itu pada 2009 dengan selisih waktu hanya 0,099 detik.

Kini JL harus abaikan teori yang lebih mendukung motor lawan secara teknis. Juga harus abaikan fakta yang seolah mengutuknya tak jadi juara di Sachsenring. Seperti kata JL berikut, ”Siapa tahu tahun ini berbeda, kita tak pernah tahu!” Andro

BACA JUGAMotoGP 2015: Rossi Juga Sangat Siap Menghadapi Sachsenring

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Gaspol Sejak Awal, Rossi Waspada ‘Dendam’ Marquez

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Kondisi Fisik Rossi Meragukan?

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: 5 Kemenangan Beruntun, Modal Marquez Bantai Rossi dan Lorenzo

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Sirkuit Stop And Go, Ujian Sasis Dan Full SSG M1 Rossi

BAGIKAN