nhk

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Kondisi Fisik Rossi Meragukan?

 

ManiakMotor – GP Jerman di Sachsenring berlangsung 30 laps atau menempuh total jarak 110,1 km tanpa jeda. Rata-rata setiap 230 meter motor harus menikung. Saat menikung kan kudu memainkan gerakan badan, dominan kiri pula. Jari, pergelangan dan lengan kanan juga rutin peras rem sekaligus betot selongsong gas. Cukup kuatkah stamina Valentino Rossi melibasnya?

Karakter Sachsenring yang stop and go bakal menyiksa tenaga mesin karena tuntutan deselerasi dan akselerasi deras yang kontinyu. Tentu stamina joki bakal ikut terkuras, dalam cuaca teduh sekalipun, apalagi kalau panas.

Jika dicari-cari, mungkin dan sekali lagi mungkin, pada soal stamina itu yang bisa jadi titik lemah Rossi sebagai The Oldest Man on the Grid alias pembalap paling tuwir. Kang Rossi sudah 36 tahun sementara lawan-lawan utamanya di bawah 30.

The Doctor pun menyadari kekurangan itu. Makanya doski benar-benar ketat menjaga kebugaran. Kehidupannya di luar sirkuit seolah hanya untuk latihan, latihan,  dan latihan. Sampai-sampai sang kekasih Linda Boseli yang harus piawai mengatur jadwal agar masih sempat sayang-sayangan dengan si legenda hidup MotoGP.

Awalnya memang banyak yang meragukan bahkan sinis mengomentari umur Il Dottore. Tapi, bukti berkta lain. Sejauh ini tenaga Rossi okeh-okeh saja dengan hasil podium di semua serial awal 2015, bahkan dengan tiga kemenangan. Malah kemenangan terakhir dari duel penjangang dengan Marc Marquez.

Karena itu musuh-musuh utama macam Jorge Lorenzo dan Marquez mengaku tak bisa menjadikan faktor umur mengukur peluang melawan Rossi.  “Ia tak pernah kelihatan tua saat balapan,” ucap JL. Lha iyalah Bro, mukanya tertutup helm jadi ya ndak kelihatan tuanya hehehe!

Hal sama pernah diakui Marquez. “Valentino masih seperti pembalap 20-an tahun. Staminanya luar biasa dan itu saya lihat saat ia beri perlawanan ekstra di Sepang tahun lalu,” kata MM menyebut GP Malaysia 2014 di mana Rossi menjadi runner up di tengah panasnya cuaca yang mencapai 36oC dan suhu lintasan 54oC. 

Kalau JL dan MM saja tidak meragukan kondisi fisik Rossi, bagaimana dengan sampeyan? Andro

BACA JUGA

MotoGP 201 Jelang Sachsenring: 5 Kemenangan Beruntun, Modal Marquez Bantai Rossi dan Lorenzo

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Sirkuit Stop And Go, Ujian Sasis Dan Full SSG M1 Rossi

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Rossi vs Lorenzo, Menanti Ulangan Duel 2009

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Fans Valentino Rossi Bagi-Bagi Tajil, Bukber Juga

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Satu Rekor Rossi Disamakan Dovi

BAGIKAN