nhk

MotoGP 2015 Jelang Silverstone Inggris: Dua Pesan Yamaha Pada Honda Lewat Rossi Dan Lorenzo

 

ManiakMotor – Ada dua pesan yang diberikan Yamaha dalam 11 laga lalu. Kedua pesan itu nggak dikirim lewat BBM atau WA atau bahkan email. Tetapi dari hasil pertarungan. Dan kedua pembalapnya memberikan pesan yang berbeda bukan pada sampeyan, tapi pada Marc Marquez dan Repsol Honda Team. Valentino Rossi punya gaya sendiri dan Jorge Lorenzo punya cara dewek melayangkan pensannya. 

Isi pesannya Yamaha punya pukulan balik pada Marquez yang masih muda dan energik. Lewat Rossi tentu ukurannya skill bertempur rapat yang pepet-pepetan rada gimana geeetu, intinya main ricuh pun  Yamaha sanggup. Mereka mampu melayani permainan Marquez yang tipis-tipis di racing line bersama musuh. Contoh  duel Rossi di Argentina dan di Belanda. Di Argentina Marquez finish ke gravel setelah terseggol atau disenggol Rossi. Sedang di Belanda kasus potong jalur.

Dalam dua kesempatan itu yang terakhir bikin Marquez gondok. Di saat sama pula banyak pratisi MotoGP mengingatkan Marquez untuk bisa terima juara kedua, ketiga dan seterusnya tanpa mengorbankan point. Bahwa permainan dengan gayanya tidak selamanya mulus-mulus saja seperti pada 2013 dan 2014 yang secara teknis Yamaha kalah kencang. Selain Rossi masih berusaha membangun M1 masa kini, juga belum ada SSG komplet. Tapi sekarang pesan itu sudah sampai, seperti cara Marquez di Brno 2015 tanpa memaksakan keadaan.

Beda lagi pesan yang dikirim Lorenzo.  Kalau ini diceritakan Team Principal Movistar Yamaha, Massimo Meregalli. “Kemenangan Lorenzo di Brno bisa menyamakan kedudukan poin dengan Rossi. Itu sekaligus pesan pada Marquez dan khususnya Honda,” kata Meregalli.

Meregalli tak menggali pesan lebih dalam. Dia tak sebut pesan macam mana karena tak diisi di amlop, hehe. Tapi bisa dianalisa dari kalimatnya. Pesan itu soal laju motor, Yamaha juga sudah kencang saat ini. Kencangnya pun di sirkuit yang empat tahun lalu dikuasai Honda. Kencangnya juga sudah kabur duluan yang acap dilakukan Marquez saat dia dapat angin.

Sebenarnya pesan ini telah disampaikan Lorenzo saat dia menang empat kali berurutan dari Jerez sampai Catalunya. Dari empat sirkuit itu ada juga yang mutlak milik Honda namun direbut Yamaha. Ketika itu belum bisa jadi patokan karena RC213V Marquez amburadul handlingnya. Khusus di Brno yang Marquez kembali pakai sasis edisi 2014  dan diakui kembali enak, namun sulit kejar M1 Lorenzo di Ceko.

Pesan versi Meregalli ini, bahwa Yamaha juga banter pada hampir semua sirkuit. Disebut hampir, lantaran di Sachsenring dan Indianapolis yang mutlak milik Honda belum bisa menang. Malah di Sachsenring Honda 1 – 2. Selanjutnya di sirkuit Silverstone, Inggris pada 30 Agustus 2015 saat ronde 12. Tinggal tunggu Yamaha yang kirim pesan atau terima pesan? Ito

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Silverstone Inggris: Rossi Tetap Diunggulkan Dari Lorenzo

MotoGP 2015 Jelang Silverstone: Petuah Rider Senior Untuk Rossi dan Lorenzo, Jangan Bikin Salah

MotoGP 2015 Jelang Silverstone: Rossi Vs Lorenzo, Juara Dunia Rossi, Dia Konsisten

MotoGP 2015 Jelang Silverstone: Rossi Jadi ‘Warga’ Inggris, Modal Semangat di Silverstone

MotoGP 2015 Jelang Silverstone: Rossi Ogah Berpikir Terlalu Jauh, Ingin M1 Lincah Terkendali

 

BAGIKAN