nhk

MotoGP 2015 Jelang Silverstone: Lorenzo Unggul di Tikungan Cepat, Rossi di Tikungan Lambat

 

ManiakMotor – Judul di atas bukan karangan bukan pula analisa, tapi pengakuan dari Jorge Lorenzo. Tapi, kalau mau dibedah lewat data yang tercatat memang betul M1 JL selalu unggul di sektor yang didominasi tikungan cepat.

Podo naik M1, strategi balap JL dan VR memang beda. Rossi sejak awal musim ingin tingkatkan performa M1 di tikungan lambat. Tadinya memang untuk mengejar Honda yang jitu saat pengereman masuk , di dalam dan keluar tikungan. SSG baru yang aktif saat turun gigi sangat membantunya. Dan, itu makin terbantu kala Yamaha menggelindingkan sasis baru pertengahan musim.

Sebaliknya Jl tak begitu cocok dengan sasis tersebut dan ambil langkah terbalik dengan Rossi. Ia mencari keuntungan di tikungan cepat (speed corner) yang sebelumnya sudah jadi kelebihan M1. “Valentino membaik di low corner, tapi saya unggul di speed corner. Itu membuat kami sangat imbang dalam perolehan waktu. Mana yang akan lebih diuntungkan sangat tergantung karakter sirkuit, lebih dominan mana tikungannya,” kata JL seakan sengaja mengumbar taktiknya untuk tujuan yang ia sendiri yang tahu persisnya.

Dengan set-up dasar untuk ambil keuntungan di tikungan cepat itu JL merasa nyaman dengan basis setingan M1 saat ini. Ia tinggal sedikit utak-atik untuk penyesuain ban dan cuaca saat balapan. Apalagi Silverstone yang dikenal sirkuit paling cepat di dunia. Tentu saja tikungan-tikungannya cepat yang jadi kelebihan Lorenzo. Maksudnya di sana ia akan lebih baik dalam rolling speed di tikungan-tikungan cepat.

Intinya, kata JL, kecepatan rata-ratanya dengan motor Rossi bisa dibilang seimbang. Karena itu perburuan gelar antar mereka akan ketat dalam tujuh seri sisa dimulai dari Silverstone pekan ini, kala keduanya memulai balapan dari posisi poin yang sama. Sama-sama 211. “Setelah itu kita lihat bagaimana hasil akhirnya sampai putaran terakhir. Siapapun nanti juara dunia di akhir musim, saya perkirakan selisih poin akan rapat,” tandasnya.

Bisa jadi akan begitu. Tapi, yang jadi pertanyaan, untuk apa JL mengumbar keunggulannya di speed corner. Coba mengusik persiapan teknis kubu Rossikah atau ada motif lainnya? Tunggu saja hasil latihan FP1 dan 2 yang dihelat pada Jumat (28) ini, apakah JL konsisten dengan fokusnya pada tikungan cepat atau berubah, dan apakah Rossi tetap utamakan low corner atau ikut berubah? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Inggris: Rossi Sudah Menguasai Silverstone, Tekanan Buat Lorenzo

MotoGP 2015 Jelang Silverstone: Bukti Rossi Konsisten 15 Kali Beruntun Naik Podium, Dua Kali Di Sejarah

MotoGP 2015 Jelang Silverstone Inggris: Rossi Tetap Diunggulkan Dari Lorenzo

MotoGP 2015 Jelang Silverstone: Petuah Rider Senior Untuk Rossi dan Lorenzo, Jangan Bikin Salah

MotoGP 2015 Jelang Silverstone: Lorenzo Samai Rekor Stoner, Masih Jauhhhhh Dari Rossi

BAGIKAN