nhk

MotoGP 2015 Jelang Silverstone: Rossi Ogah Berpikir Terlalu Jauh, Ingin M1 Lincah Terkendali

 

ManiakMotor – Ada tujuh ronde MotoGP di depan. Itu seri-seri penentuan yang kata Valentino Rossi akan menghadirkan pertarungan head to head dengan Jorge Lorenzo. Start dari GP Inggris di Sirkuit Silverstone, 28-30 Agustus.

Melihat performa JL dalam memasuki paruh kedua kompetisi, The Doctor bilang tak ada pilihan kecuali berusaha membangun M1-nya lebih kencang dari punya lawan. Itu artinya harus kerja keras. “Setahap demi setahap, dari satu race ke race berikutnya. Terdekat Silverstone, setelah itu baru pikir GP berikutnya. Saya tak ingin berpikir terlalu jauh,” kata Rossi yang di Brno mengaku salah setting masuk lomba.

Rossi ingin memperbaiki M1 agar lebih lincah, tapi agresifnya masih terkendali alias tetap tenang menikung. Perubahan arah motor yang mendadak maupun teratur nggak bikin panik bila dipaksakan. Pokoknya mirip M1 Lorenzo di Brno. Itu motor Lorenzo memang kepegang saat kencang-kencangnya.

Sebelumnya pembalap paling tuwir di grid MotoGP itu bilang JL terbilang kuat di beberapa trek mendatang dan dalam beberapa sirkuit lainnya bisa berimbang. “Di atas kertas begitu. Tapi, setiap tahun dan setiap balapan akan punya perbedaan tersendiri.”

Di Silverstone juga begitu. Rossi  menilai JL punya skill tersendiri sejak pertama ia ke i MotoGP. Rossi sendiri sudah 7 kali menang di Silverstone, tapi doski sadar bukan jadi patokan terkini. Tahun lalu komposisi podium Silverstone adalah Marc Marquez, JL dan VR. Hanya saja Rossi kalah 8 detik dari kedua lawannya.

Sekarang dengan pembaharuan teknologi M1 yang banyak berubah dari edisi 2014, maka segala sesuatunya baru akan terlihat pada sesi latihan sampai kualifikasi. Yang pasti, Rossi kembali akan bertempur untuk dapatkan posisi depan saat Q2. Melakoni start sedekat mungkin dengan Lorenzo. “Bakal sulit mengejarnya jika di awal sudah  ketinggalan,” tegasnya. 

Tahun lalu ia start dari posisi ke-6 meski akhirnya podium. Tapi, itu tadi Bro, disikat 8 detik pada raceday. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

MotoGP 2015 Jelang Silverstone: Redding ke Ducati, Zarco Naik ke MotoGP

MotoGP 2015 Jelang Silverstone: Ayo, Bantu Marquez Dengan Doa!

MotoGP 2015 Brno (Pasca Race): Start Dari 0-0, Lorenzo Siapkan Rencana Menjegal Rossi

MotoGP 2015 Brno (Pasca Race): Rossi Ngaku Salah Set-up M1, Bersyukur 3 Besar

BAGIKAN