nhk

MotoGP 2015 Jelang Tes Sepang1: SSG M1 Temuan Rossi, Honda Wajib Waspada

ManiakMotor – Sebut saja SSG (Seamless Shift Gearbox) temuan Valentino Rossi, barang yang sedang dikembangkan Yamaha Racing dan siap uji. Rossi dijuluki The Doctor tak lain karena kepiawaiannya menganalisa penyakit motor, lalu memberikan solusi. Itu pula yang terjadi di masa tahun keduanya kembali ke pelukan Yamaha, membuat M1 spek 2015 jauh berbeda.

Rossilah orangnya yang pertama kali curiga pada perubahan teknologi SSG pada RC213V milik Repsol Honda. Menurut pengamatannya, SSG itu sudah berkembang karena tak hanya mempermulus akselerasi saat naik gigi. Tapi juga aktif tanpa jeda saat turun gigi agar tak banyak terpengaruh oleh epek kompresi saat berdeselerasi.

Itulah cerdiknya para ilmuwan Honda untuk mengantisipasi SSG yang baru digelindingkan Yamaha pada musim 2014. Saat lawan baru mainkan SSG, Honda justru memodifikasi SSG-nya agar mulus melakukan in di tikungan lambat yang butuh turun gigi yang banyak, karena out  sudah paten. “Saya yakin SSG mereka juga aktif saat proses memasuki tikungan dan di situlah salah satu poin kelemahan M1. Saya ingin Yamaha mengembangkan hal sama untuk spek 2015,” ucap Rossi tahun lalu.

Masukan The Doctor langsung disambar para insinyur Yamaha di bawah komando Koichi Tsuji. Sektor pengereman dipermak habis-habisan. Lalu diikuti mengaktifkan SSG pada saat turun gigi. Hasilnya memang belum teruji di lintasan karena baru akan dijajal pada tes Sepang mendatang.

Berdsarkan simulasi di laboratorim teknis Yamaha di Jepang, Tsuji menjamin keandalan barang baru itu. Ia sepakat dengan temuan Rossi di lapangan kalau kelemahan M1 memang terletak pada area pengereman yang bersama motor menurunkan gigi percepatan.

“Tahun lalu tercatat 8 kali kami tertinggal waktu kisaran dua detik dari pemenang balapan, dengan jarak balapan 120 km. Dalam jarak tempuh yang sama kami berjuang untuk menambah kecepatan dua sampai tiga detik pada M1 2015. Kini kami fokus pada isu downshifting (turun gigi) dan sepertinya sudah bisa diandalkan pada race pertama di Qatar. Kami punya pembalap hebat, mekanik top, dan kini punya tunggangan mantap,” ucap Tsuji sembari memprediksi Rossi atau Lorenzo akan juara dunia pada 2015.

Sah saja Mas Tsuji bilang begitu. Tapi, jangan lupa, Honda masih menyembunyikan perkembangan teknologi yang diusung pada RC213V 2015. Khususnya pada tes khusus Casey Stoner beberapa hari lalu di Sepang, siapa tahu justru ngetes onderdil baru untuk meredam SSG baru milik M1? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015: SSG (Girboks) Temuan Rossi, Mempercepat 2 Detik Saat Balapan

MotoGP 2015 Jelang Test Pramusim: Awas, Potensi Ricuh Rossi-Lorenzo Macam 2009!

MotoGP 2015: Gagasan Gendeng Menyandingkan Miller Dengan Marquez

MotoGP 2015: Stoner Ngegas RC213V, Marquez-Pedrosa Tunggu Matangnya

MotoGP 2015: Program SSG Turun Gigi M1 Akan Mulus, Sepaket Pengereman Cepat

BAGIKAN