nhk

MotoGP 2015 Jelang Tes Sepang2: Hilangkah Understeer Pada Ducati GP15?

 

ManiakMotor – Rider utama Ducati Andrea Dovizioso bergairah dengan Desmosedici GP15. Meski belum dijajal, yakin performanya bisa diandalkan, termasuk diusirnya penyakit bawaan Ducati pada understeer. Understeer motor yang tak nurut untuk dibelokan cepat, selalu under atau melebar. Dia baru mau saat kecepatan diturunkan yang akibatnya ketinggalan dari lawan.

Ducati yang dulu-dulu sebelum versi GP14 koma terjadinya saat masuk dan keluar tikungan. Sedang  GP koma sudah rada hilang ketika menggunakan ban ekstra lembut. Tetap kadang keluar di model tikungan tertentu saat in.  “Problem Ducati selalu di area masuk tikungan, roda depan tak mau menjejak racing line. Itu understeer menjadi problem pokoknya. Jika hal itu bisa diatasi sejak awal oleh GP15, maka akan jauh lebih enak,” yakin Dovi.

Mantan pembalap Honda dan Yamaha itu bilang apa yang dicapai saat ini saja sudah merupakan kejutan besar. Ia tak menduga hanya dalam tempo setahun Ducati bisa bikin pengembangan signifikan lewat Luigi Dall’Igna. Tahun lalu, misalnya, Dovi bisa finish podium di Austin dan Assen.

Fakta itu yang membuatnya yakin GP15 akan tampil seperti yang ia bayangkan. Maklumlah ia aktif menghimpun data yang dibutuhkan Gigi guna membangun GP15 termasuk mengusir susah belok cepat itu.

Setidaknya Dovi sudah punya bayangan seberapa mantap GP15 jika dibandingkan dengan GP14,3. “Mengikuti perkembangan, kini percaya Ducati bisa berkompetisi berebut gelar dunia. Mungkin tidak pada tahun ini karena lawan terlalu jauh, tapi punya potensi. Ketika ada perubahan besar pada motor baru, semua kemungkinan bisa terjadi,” kata orang Italia yang berada di Eropa yang bertetangga dengan Arab itu.    

Terlebih jika GP15 mampu mengatasi penyakit understeer seperti Dovi bilang tadi. Ingat saat Valentino Rossi gabung ke Ducati musim 2011 dan 2012, penyakit understeer itu pula yang menjadi keluhan rutin. Obatnya belum ketemu juga meski kala itu ditangani kepala mekanik sekaliber Jeremy Burgess. Sudahkah Dall’Igna mampu mengobatinya? Itu yang ingin dicari dan dijawab Dovi pada tes Sepang2 pada 23 Februari.  Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 (Jelang Tes Sepang2): Ulang Tahun Ke-22, Marquez Dihadiahi Sirkuit Lezat

Moto3 2015 Test Valencia: Gresini Dengan Knalpot Indonesia

MotoGP 2015 (Jelang Tes Sepang2): Sihir Gigi Pada Ducati GP15, Targetkan 1 Kemenangan

MotoGP 2015 Jelang Test Sepang2: Munculnya Ducati GP15, Bodi Ramping Diawali Dari Mesin

BAGIKAN