nhk

MotoGP 2015 (Jelang Tes Sepang2): Miller Nggak Bikin Heboh, Kejar 90% Ketinggalan

ManiakMotor – Saat tembak langsung dari Moto3 ke MotoGP, Jack Miller bikin heboh jagat balap dunia. Pro dan kontra merebak, karena melawan teori yang berlaku dalam pola pembinaan berjenjang, yakni dari Moto3 ke Moto2, barulah sampeyan nyampe di MotoGP.

Nyatanya Miller nggak bikin heboh di tes Sepang1 meski punya talenta balap di atas rata-rata. Runner up Moo3 2014 sebelumnya yakin akan bisa cepat beradaptasi. Faktanya ia harus hadapi kenyataan kalau sama sekali tak mudah untuk itu. Ia kerepotan mengendalikan RC213V-RS yang tenaganya 250 bhp, dibandingkan kelas nyamuk Moto3  mentoknya 55 hp.

RC213V-RS dengan sengaja tidak dilengkapi perangkat elektronik secara utuh dan tak menggunakan traction control. Maksudnya untuk membantunya mengenaili sisik melik motor secara bertahap. “Sangat banyak yang msih harus dipelajari. Saat ini baru 10% dari 100% untuk modal berkompetisi,” kata rider muda Australia yang digadang-gadang calon penerus Casey Stoner itu.

Miller dalam proses adaptasinya masih kesulitan  masuk dan keluar tikungan. Ya iyalah, inti balapan kan di tikungan. Kalau lurus saja mah, itu drag bike. Skill ditentukan mengantar motor sampai masuk ke area menikung dan mengeluarkannya dari area tersebut. Itu pasti jauh berbeda dengan motor Moto3 akibat perbedaan power dan bobot. 

“Di Moto3 saya buka gas sepenuhnya saat keluar tikungan. Di sini ternyata ndak bisa karena ban belakang mudah sekali melintir akibat tenaga. Cara melibas speed corner pun sangat beda. Intinya saya harus uubah gaya balap lebih banyak lagi.”

Miller bersama RC213V-RS andalan baru Honda di Open Class, Miller mengakhiri tes Sepang1 di posisi ke-20 dari 28 pembalap. Jika dilihat dari hasil 4 unit RC213V-RS yang ikut main, catatan waktu Miller sebenarnya tak terlampau buruk. Ia mengalahkan dua joki RC213V-RS Macam Karel Abraham dan Michael Laverty, dan kalah hanya 0,4 detik dari Nicky Hayden yang sudah full pengalaman.

Dari fakta keempat RC213V-RS itu silakan sampeyan ambil kesimpulan, Miller atau motornya yang belum sanggup bikin heboh? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Test Sepang2: Formasi Tim Rossi 2004 Sama Kuat Dengan Sekarang

MotoGP 2015 Jelang Tes Sepang2: Santi Bersaksi, Marquez Belum Oke Banget Dengan Motornya?

MotoGP 2015 Jelang Test Sepang2: GP15 Siap ke Sepang, Penampakan Perdana di Italia

MotoGP 2015 Jelang Test Sepang2: Lorenzo ‘Kacangin’ Ducati Untuk Jadi Juara

BAGIKAN