nhk

MotoGP 2015 Jelang Tes Sepang2: Santi Bersaksi, Marquez Belum Oke Banget Dengan Motornya?

 

ManiakMotor – Yang disebut Santi itu sangat lengket dengan Marc Marquez. Tapi, bukan cewek bening yang jadi cem-ceman Marquez lho. Yang ini berkumis, jenggotan malah! Doski tak lain adalah Santi Hernandez, chief crew yang sudah dampingi Marquez sejak ingusan.

Walau terpesona dengan rekor waktu di Sepang1 yang 1:58 di bikin Marquez, Santi bilang itu belum bisa jadi patokan. Belum perlu mengunggulkan MM pada tahun ini. Ia akui MM sangat diuntungkan kondisi cuaca dan suhu lintasan pada saat fastest lap itu dibuat. “Sebenarnya saat itu target kami adalah 1:59, tapi yang terjadi lebih dari itu. Siangnya mengukur kesiapan fisik Marc dengan memilih waktu simulasi persis pada saat GP Malaysia biaanya dilangsungkan. Jadi, perolehan 1:58 adalah sesuatu yang tak diduga namun tetap satu hal yang istimewa,” ucap Santi.

Ia setuju kalau sangat cepat pada satu lap belum menjadi ukuran apa-apa pada sebuah lomba. Karena itu ia dan para mekaniknya masih harus kerja keras di Sepang2. Mereka akan memformulasikan kemauan MM dengan teknologi terkini pada RC213V.

Ia akui konfigurasi mesin RC213V spek 2015 sedikit berbeda dari musim lalu. “Lebih agresif dan pengaruhnya sangat terasa saat menyalurkan tenaga ke roda belakang.  Ban acap kekurangan grip saat masuk tikungan, khususnya tikungan cepat. Tapi, kami tak khawatir karena masih ada test Sepang2 dan Losail sehingga yakin sudah siap pada rerce pembuka GP Qatar,” kata Santi sembari mengakui hal-hal itulah yang bikin MM belum oke banget dengan motor 2015-nya.

Secara keseluruhan Santi memuji pasokan teknologi HRC pada RC213V sudah membaik dan meningkat dari tahun lalu. Sebagai kepala mekanik ia tinggal menyesuaikan dengan karakter MM. “Pada tikungan lambat kami masih sangat baik. Di tikungan cepat masih kurang grip. Di area itu masih harus berbenah karena di tikungan cepat itulah kami kalah dibandingkan Yamaha. Honda sudah lakukan hal-hal bagus dan pada Sepang2 sepertinya kami sudah bisa atasi hal itu,” tandasnya.

Bukankan dari 18 sirkuit dipakai, lebih banyak banyak tikungan lambat kan? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Test Sepang2: Formasi Tim Rossi 2004 Sama Kuat Dengan Sekarang

MotoGP 2015 Jelang Test Sepang2: GP15 Siap ke Sepang, Penampakan Perdana di Italia

MotoGP 2015 Jelang Test Sepang2: Lorenzo ‘Kacangin’ Ducati Untuk Jadi Juara

MotoGP2015: Kisruh GP Inggris, Akhirnya Kembali ke Silverstone              

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353