nhk

MotoGP 2015 (Jelang Tes Sepang2): Sihir Gigi Pada Ducati GP15, Targetkan 1 Kemenangan

ManiakMotor – Walau katanya mengejar dimensi motor Jepang, Ducati Desmosedici GP15 masih tercium aroma Aprilia. Tapi secara keseluruhan memang jadi atletis dari seri pendahulunya. Targetnya prestasi musim 2015 ndak akan sekurus penampilannya, hehe.

Itu target minimal Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna, tokoh utama munculnya sihir GP15. Tokoh yang mantan orang Aprilia. Makanya masih ada ciri Aprilia RSV4 terutama dari wilayah sub-frame sampai buntut GP15. Kalau bodi semua orang bisa lihat. Apalagi catnya yang disoroti terlalu banyak cat putih. Bodi ya barubah total. Rangka juga. Bila versi sebelumnya gede-bede yang ini pipih.

Secara tekniks soal mesin belum dibocorkan konvigurasi mesinnya. Tapi kalau dilihat dari perubahan knalpot yang tak sampai nongol-nongol keluar, berarti rekontruksi mesin juga radikal. Terutama pada knalpot yang bagian bawah. Knalpot ini untuk dua mesin model L. Knalpot yang nongol di buntut dari mesin di bawah tangki. Khusus knalpot bawah, versi lama sampai menjulang ke kanan dekat lengan ayun.  

Kecil tapi kuat dan kencang pun masih akan dibuktikan. Untuk secepatnya melihatnya di test Sepang2 pada 23 – 26 Februari. “GP15 sangat beda dengan GP14,3 yang dua minggu lalu kami pakai di Sepang1. Aerodinamikanya hampir sama, tapi jeroan mesin, suspensi, sasis, swingarm dan sejumlah komponen  pengembangan baru. Pada GP14,3 telah dikembangkan software perangkat elektronik dengan hasil bagus. Perangkat itu sangat mudah dipindahkan ke GP15,” kata Gigi.

Tes Sepang2 pada 23 Februari mendatang, katanya akan pakai basis set-up yang dihimpun dari  GP14,3. Pastilah akan dikembangkan lagi. “Target GP15 adalah meraih kemenangan, minimal satu pada musim 2015.  Itu target ambisius karena harus mengalahkan para pembalap pabrikan Honda dan Yamaha,” kilah Gigi.

Katanya ambisi itu boleh jadi kenyataan. Sebab, tahun lalu saat ingin mereduksi ketertinggalan dari belasan detik menjadi di bawah 10 detik saat race, itu pun target ambisius. “Tapi nyatanya bisa kami wujudkan,” tambah Gigi dengan ambil contoh hasil finish Andrea Dovizioso di GP Misano 2014 yang hanya tertinggal 5 detik dari sang juara saat itu, Valentino Rossi atau hasil GP Inggris yang selisih 8 detik dari Marc Marquez.

Semoga sihirnya mempan. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Test Sepang2: Munculnya Ducati GP15, Bodi Ramping Diawali Dari Mesin

MotoGP 2015 Jelang Tes Sepang2: Marquez Bersaing Dengan Cristiano Ronaldo

MotoGP 2015 Jelang Tes Sepang2: Ambisi Redding Cuma Satu, Kalahkan Crutchlow

Moto3 2015: Quartararo, Bocah 15 Tahun, Diprediksi Lebih Melambung Dari Marquez

MotoGP 2015 Jelang Tes Sepang2: Rossi Rindukan Ducati

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353