nhk

MotoGP 2015 Jelang Tes Sepang2: SSG M1 Kejar 0,2 Detik, GP15 Tanto Lavoro, Marquez Wajib Spek 2015

 

ManiakMotor –  Judulnya masih tes pra musim. Sesungguhnya perang tim pabrikan sudah panas pada sesi test Sepang2 yang start pada 23 Februari. SSG anyar Yamaha sudah siap tempur, senjata baru Ducati pun siap meluncur. Giliran Honda bertahan atau malah kian ngacirrrr…..?

Dalam sejarah tes maupun race di Sepang, Honda memang mumpuni dan dominan. Karena itu tak eloklah kalau Yamaha ingin menjungkalkan rekor waktu Marc Marquez yang 1:58,867 pada tes Sepang2. Terlalu ambisius jika patok target ke sana. Yang M1 kejar saat ini adalah mereduksi gap yang kemarin 0,5 detik menjadi 0,2 atau 0,3 detik saja.

Tak harus jadi tercepat di tes Sepang2 nanti, karena menurut Jorge Lorenzo itu tak terlal penting. Jika M1 bisa konsisten main lebih cepat 2 atau 3 per sepuluh detik dari hasil tes Sepang1, itulah tanda kemajuan barang baru bernama SSG (seamless shift gearbox) yang komplet. Dibilang komplet karena inilah kali pertama M1 memasang SSG yang aktif saat akselerasi dan turun gigi.

Seperti tulisan terdahulu di portal ini, Koichi Tsuji yang panglima teknik di pabrik Yamaha bilang, SSG baru itu untuk mengimbangi Honda musim ini. Patokannya data 2014 di mana M1 tercetat 8 kali finish di belakang RC213V dengan selisih 2 detik pada jarak tempuh 120 km. Bila di Sepang2 nanti si SSG bekerja seperti harapan mereka, maka bolehlah disebut M1 maju selangkah.

Masih ada tapinya brosist, dengan catatan RC213V stagnan di Sepang2. Jika Honda malah makin ngacir di Sepang2, tentu ektivitas SSG baru Yamaha kembali dipertanyakan. Kecuali jika barang itu bisa lebih kencang kisaran 3 atau 4 per sepuluh detik dari barang lama. “SSG komplet ini diusahakan sudah ada di test Sepang2. Yang utama soal keamanannya,” jelas Lin Jarvis, direktur Movistar Yamaha MotoGP baru lalu.

Ada kabar Marc Marquez kudu pakai spek RC213V 2015 yang digelindingkan sejak tes Valencia. Ia sesungguhnya lebih oke dengan 2014, tapi jika versi 2015 bisa dikembangkan sesuai masukan tes Sepang1 maka sepertinya MM akan fokus ke situ. Di Sepang1 ia masih merasa kurang grip roda belakang, utamanya di area speed corner. Sektor tikungan cepat itulah Honda merasa perlu kejar Yamaha, karena di tikungan lambat telah unggul sejak dulu.

Kini dengan SSG barunya, Yamaha pun ingin pertajam waktu di tikungan lambat, terutama soal in-nya. Kan saat in atau masuk tikungan jadi maksud pengembangan full SSG yang aktif turun gigi. Karena yang namanya masuk tikungan nggak ada naik gigi, hehe. Di tikungan-tikungan lambat, harus pakai gigi rendah pula berulang-ulang. Di situlah fungsi SSG yang komplet. Kalau tikungan cepat, motor sudah berhasil melaju kencang.  

Selain SSG Yamaha, daya tarik lain yang ditunggu fans MotoGP adalah performa Desmosedici GP15. Sepak terjang Gigi’s Bike itu mencuri perhatian selain karena konsepnya ke motor Jepang, juga sesumbarnya. “Kami masih harus  tanto lavoro (kerja keras) untuk kejar rival. Target adalah meraih kemenangan, minimal satu seri di 2015,” katanya.

Ya buktikan di test Sepang2. Andro

BACA JUGA

Moto3 2015 Test Jerez: Makin Benar Prediksinya Quartararo Pengganti Marc Marquez

MotoGP 2015 Jelang Tes Sepang2: Buat Jaga-Jaga, Ducati Tetap Bawa GP14,3

MotoGP 2015: Full SSG (Turun-Naik Gigi) M1 Rossi/Lorenzo Siap Di Test Sepang2

MotoGP 2015 Jelang Test Sepang2: Launching Tim LCR Honda, Babak Baru Lucio

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353