nhk

MotoGP 2015 Jelang Tes Sepang2: SSG Turun Gigi Peluru Pemungkas M1 Rossi, Siap 2 Minggu

 

ManiakMotor – Namanya perang memang kudu pakai peluru coy! Sekalian pakai urat saraf deah soal serial MotoGP 2015. Telah dimulai di sesi tes Sepang1 yang dimenangi Honda. Musuhnya, ya Yamaha, dan siap balik lagi ke Sepang2 dengan peluru andalan. Namanya SSG, bukan urat saraf, hehe.

Dua minggu ini ada gencatan senjata. Tak boleh saling tembak pakai suara knalpot, pakai saraf bisa lewat komentar-komentar. Tak ada pembalap yang seliweran dengan motor prototype-nya. Hanya para teknisi yang kerja keras mengolah semua data Sepang1 untuk peningkatan di Sepang2. Tentu itu dilakukan di markas mereka.

Repsol Honda yang menaungi Marc Marquez dan Dani Pedrosa mungkin saja tengah bingung, apa lagi yang harus dikembangkan pada RC213V. Lha, udah kencang pol getu lho! Beda dengan bingungnya para insiyur Yamaha yang harus mengejar lawan. Walau diakui  performa M1 di Sepang1 sudah meningkat, tetap saja penasaran, karena adu cepat termasuk kalah ‘telak’.

Tak peduli Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo mengaku puas. Apalagi The Doctor yang bikin rekor kecepatan probadi dalam sejarah Sepang. “Banyak kemajuan, tapi faktanya kami masih harus kerja keras mengejar rival,” ucap Rossi yang memberi kemenangan terakhir buat Yamaha pada musim 2010.

Rupanya M1 di test Sepang1 ini pakai girboks yang hanya mulus berkselerasi. Tidak seperti janji Yamaha yang katanya membawa SSG yang sudah aktif saat turun gigi pada Sepang1. Padahal itu dibutuhkan Rossi agar nggak terlalu repot menyesuaikan kecepatan saat in di  tikungan.

Koichi Tsuji, komandan teknik di pabrik Yamaha, sepakat dengan pendapat Rossi. SSG yang dimintanya  terus digodok. Sayang belum siap di Sepang1. Tsuji bikin laporan detil soal balapan tahun lalu, di mana Yamaha tercatat 8 kali finish dengan selisih dua detik dengan jarak tempuh balapan 120 km. “Solusinya ada pada pengereman dan girboks,” kata Tsuji sebelum test Sepang1.

Selisih itu yang harus dikejar M1.Di test Sepang1 katanya sudah jempol, tinggal SSG turun gigi. SSG memang tak menambah tenaga. Tapi mampu menyalurkan tenaga yang tak putus-putus alias tanpa jeda itu. Belakangan SSG ngaruh pada turun gigi agar girboks tak membuat mesin terbebani terutama antara roda dan kompresi (deselerasi). Memang sih sudah ada slipper clutch, namun belum cukup!

Massimo Meregalli, Direktur Tim Movistar Yamaha seusai tes Sepang1 berkomentar. Katanya, peluru pembalapnya membaik di Sepang1, tapi harus diperbaiki sedikit agar makin siap tembak-tembakan di Sepang2. “Sudah dapat apa yang dicari. Dua meinggu ke depan akan kembali dengan skenario baru. Yakin kalau rencana baru lebih kompetitif,” kata Meregalli yang entah menutupi atau masih malu-malu mengakui rencana baru itu adalah SSG yang aktif juga saat oper persneling ke percepatan rendah. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Tes Sepang2: Marquez Ngaku Kebetulan Bikin 1:58, Tunduk Omongan Rossi

MotoGP 2015 Test Sepang1: Yamaha Tech3 Dapatkan SSG Bekas Lagi

MotoGP 2015 (Tes Sepang1): Rivalitas Andrea vs Andrea, Sama-Sama Tunggu GP15

MotoGP 2015 Tes Sepang1: Aleix Espargaro Mantap Dah, Pakai Suzuki

MotoGP 2015 Test Sepang1: Data Analis, Simulasi Terbaik Pedrosa, Rossi Kelelahan

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353