nhk

MotoGP 2015 Jelang Test Sepang2: Munculnya Ducati GP15, Bodi Ramping Diawali Dari Mesin

 

ManiakMotor – Ducati GP15 memang muncul dengan penampilan yang ramping. Itu jelas pada bodi dan rangka yang terlihat langsung dari luar. Terlihatnya pada peluncuran pertama kali GP15  di depan public. Tetapatnya di Auditorium Ducati, di Borgo Panigale, Italia pada 16 Februari 2015.

Belum ada keterangan resmi soal perubahan yang katanya  radikal dari versi-versi sebelumnya. Tapi kalau cerita rangka dan bodi bisa dibikin slim, otomatis onderdil utamanya yang memproduksi tenaga atau bongkahan mesin berhasil pula dikuruskan.

Dimensi mesin gemuk menjadi kecil dengan kapasitas sama, berarti memang radikal. Tidak mudah, karena itu cerita perombakan besar-besaran pula terhadap geometri. Dan Ducati sebelum sampai ke GP15 telah mencicilnya lewat GP14, GP14.1, GP14.2 dan GP14.3. Itu kan seperti yang dibilang mereka, sebagaian komponen dari versi GP14 koma akan dipakai di GP15. 

Dari foto sih penampilannya mirip kuda besi prototype Jepang yang langsing. Terutama air scoop atau saluran udara di tudung fairing depan, hehe. Itu sih penampilan. Yang ditunggu adalah kinerjanya di lintasan. Dan penggemar MotoGP akan bisa mendeteksinya langsung di test Sepang2 di Malaysia yang berlangsung 23 – 26 Februari pada rancangan Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna dan kawan-kawan itu.

Yang jelas, ‘Gigi’ telah mengubah konsep Ducati yang diawali hubungan antara orang lapangan dan insinyur racing yang berada di markas Ducati. Maksudnya, riset yang terjadi di sirkuit harus sampai ke markas racing dengan utuh. Tuntutan lapangan dan yang dikerjakan di pabrik bisa satu konsep. Itu katanya akan menghasilkan motor yang sesuai tuntan pula.

GP15 ini hanya akan dipakai dua Andrea. Yakni Iannone dan Dovizioso. Para pembalap lainnya tetap menggunakan GP14 dan turunannya. Maklum tahun depan aturan sudah berubah lagi. Sampai sekian dulu semberi menunggu bocoran tekniknya. Ito       

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Tes Sepang2: Marquez Bersaing Dengan Cristiano Ronaldo

MotoGP 2015 Jelang Tes Sepang2: Ambisi Redding Cuma Satu, Kalahkan Crutchlow

Moto3 2015: Quartararo, Bocah 15 Tahun, Diprediksi Lebih Melambung Dari Marquez

MotoGP 2015 Jelang Tes Sepang2: Rossi Rindukan Ducati

BAGIKAN