nhk

MotoGP 2015 Jelang Test Sepang2: Titik Gravitasi Aprilia Masih Ngaco, Crankcase WSBK

 

 

ManiakMotor – Pusat gravitasi atau geometri Aprilia RS-GP masih ngaco. Itu yang dirasakan  Alvaro Bautista dan Marco Melandri, dua joki Aprilia di MotoGP. Terutama dirasakan saat  test Sepang1. Handlingnya liar yang sangat berpengaruh pada grip ban. Disribusi bobotnya belum beraturan.

Pokoknya begitu deh yang diucapkan Romano Albesiano, manajer Aprilia Racing MotoGP pada pengembengan kedua RS-GP. Yang pertama kan dari test Valencia yang dilanjutkan ke Jerez. “Menurut pembalapnya kurang. Step 2 ini lebih buruk pada pusat gravitasinya. Di tikungan mereka kesulitan handling dan grip,” kata Albesiano.

Ditambahkan penentuan titik gravitasi motor dari rangka, mesin dan bodi dianggap gagal. Ya tentu akan diperbaiki pada test Sepang2 lalu di test Qatar dan seterusnya. Pasukannya akan mencari titik ideal ketinggian gravitasi agar motornya dengan mudah saat terjadi pearalihan bobot.

Jadi saat melakukan pengereman motor tetap ‘diam’ nggak ngaco ke sana-ke mari. Nurut masuk tikungan. Juga mau diajak buka power usai menikung. Nah semua itu katanya akan diatur dari gravitasi yang dianggap berantakan saat ini. “Tidak mudah untuk menemukan solusinya. Makanya harus dilakukan pemeriksaan ulang,” tambah Albesiano sembari menunjuk hasil Bautista yang ke-21 yang tertinggal 3.057 detik dari tercepat di test Sepang1 dan Melandri ke-28 yang nggak usah disebut selisih waktunya, ya pasti jauhlah.

RS-GP yang digunakan Bautista dan Melandri yang sebelumnya versi dari ART yang dilanjukan ke Open Class. Motor ini sendiri basisnya dari  Aprilia RSV4 Superbike. Upgrade terbesar pada kepala silinder dengan menanam pneumatik-valve alias klep bertekanan yang bukan model pegas.

Tapi crankcase atau rumah kruk-as sampai girboks masih menggunakan RSV4. Makanya, giboks yang nantinya pakai SSG, tahun ini juga akan diuji dan digunakan paruh kedua MotoGP 2015. Diujinya pun menggunakan motor Aprilia untuk superbike. Alasannya, mesin bagian bawah digunakan di MotoGP masih sama dengan motor WSBK.   

Toh Albesiano berjanji ini hanya sementara. Target mereka yang sebenarnya di MotoGP 2016. Saat itu semua motor akan sama rata dengan aturan elektronik seragam dan ban baru Michelin. “Saat itu kami sudah membuat mesin, sasis dan pokoknya semua baru. Motor ini akan diuji September atau Oktober 2015,” tutup Albesiano.

Sabar, pak. Ito

BACA  JUGA

MotoGP 2015: Kisruh GP Inggris, Penonton Jadi Korban

MotoGP 2015 (Jelang Tes Sepang2): Miller Nggak Bikin Heboh, Kejar 90% Ketinggalan

MotoGP 2015 Jelang Tes Sepang2: Santi Bersaksi, Marquez Belum Oke Banget Dengan Motornya?

MotoGP 2015 Jelang Test Sepang2: Formasi Tim Rossi 2004 Sama Kuat Dengan Sekarang

MotoGP 2015 Jelang Test Sepang2: GP15 Siap ke Sepang, Penampakan Perdana di Italia

BAGIKAN