nhk

MotoGP 2015 Jelang Valencia: Kasus Sepang Terjadi Ditambah Kinerja M1 Rossi

 

 

ManiakMotor – Sejak FP4 di Sepang, sebenarnya sudah ada gelagat akan terjadi kasus heboh antara Valentino Rossi dan Marc Marquez. Marquez selalu menguntit Rossi di sesi latihan ke-4 di hari Sabtu 24 Oktober 2015 di Sepang, Malaysia. Marquez seolah mencoba kekuatan M1 Rossi. Saat itu Rossi rada keberatan lewat gesture-nya ogah ditempel Marquez.

Bukannya menuduh coba baca ini: MotoGP 2015 Sepang FP4: Pedrosa Tercepat, Rossi ‘Menggerutu’ Tindakan Marquez, di sana Rossi seperti keberatan. Saat keluar pit, tahunya ada Marquez di belakang, entalah itu bagian dari provokasi atau apalah. Atau memang sedang mengukur  M1 Rossi  dan terukur. Karena mengukur yang tepat di sesi FP4 ini yang sebagian besar sudah membawa set-up untuk lomba.

Dengan ukuran itu, benar atau tidak sengaja, Marquez ketemu Rossi  di lap ke-3 saat race yang tentu sampeyan semua sudah tahu lewat tayangan langsungnya. Pasti juga tahu bermacam-macam analisanya. Yang ada, Rossi kerepotan nggak bisa kabur karena pace kecepatannya kalah. Lhat saja di lap kedua Marquez bisa mencetak 2:00,818. Catatan lap ke-2 Marquez ini dengan hanya melahap 7 lap berada di posisi ketiga di bawah Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo.

Supaya tahu saja, Rossi yang membalap 20 lap di Sepang ndak pernah berlari di bawah 2 menit 1 detik. Marquez sudah mencetaknya di lap ke-2 di mana ban belum panas-panas amat untuk bersenyawa dengan aspal. Catatan tercepat Rossi hanya 2;01,127 yang dicetaknya pada lap ke-4. Dari seluruh lap, M1 Jorge Lorenzo yang fastest lap dengan 2:00.606.

Karena itu, benar sepenggal kalimat Gicomo Agostini, bahwa Rossi stress lantaran tak bisa keluar dari tekanan Marquez. Lha wong kalah motor. “Rossi terbawa permainan Marquez  karena nggak bisa menjauh. Di saat sama dia harus menjaga jarak dengan Jorge,” kata Agostini si legenda hidup balap motor yang rekor-rekornya sedang dikejar Rossi.

Usaha Rossi memperlebar gap untuk memanfaatkan tikungan-tikungan Sepang juga sia-sia, karena ada empat tikungan lambat yang jadi makanan empuk Honda. Apalagi di dua trek lurus Sepang, M1 Rossi kalah 2 km/jam dari RCV Marc. Rossi top speed-nya hanya 325.3 km/jam dan Marquez 327.4 km/jam. Andai menang di tikungan akan disusul lagi di dua trek lurus. Rossi praktis tak bisa menjalankan kelebihannya untuk membalap konsisten per lap, lantaran sibuk melayani Marquez. Bagaimana mau konsisten lha wong racing line sudah teracak-acak.  

Juga kalahnya M1 Rossi di Sepang ini tentu ada unsur strategi dari penggunaan mesin segar dari jatah lima mesin permusim, tanpa mengabaikan set-up sesuai karakter Sepang. Siapa tahu dari lima jatah mesin musim ini, justru yang paling segar disimpan Rossi buat seri puncak di Valencia. Sedangkan yang di Sepang iyang biasa-biasa saja yang bekas pakai, tentu tanpa mereken  ketemu Marquez, bukan Lorenzo yang jadi musuh di klasemen. Kalah dari RC213V Marquez juga wajar, karena bukan dia yang jadi sasaran. 

Jadi, kalau kesegeran mesin M1 Rossi di Valencia sama dengan Sepang, ya Rossi hanya menjalankan tugasnya sebagai pembalap professional untuk ikut semua seri. Tapi bila kesegaran mesinnya berbeda dengan Sepang, berharap apa pun bisa terjadi sesuai takdir lomba. Sebelum bendera finish dikibarkan, belum ada yang tahu walau Rossi start dari belakang. Apalagi bermain tanpa beban, karena bebannya sudah dilepas dari kasus Sepang, nothing to lose

Maaf buat penggemar Marquez, dia nggak dianalisa karena nggak masuk dalam perburuan juara dunia. Nntar kalau dianalisa hanya untuk mengacak poin Rossi dan Lorenzo nanti sampeyan lagi yang tersinggung. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Valencia: Nih Tiga Sosok Race Direction Pengadil Rossi vs Marquez, Versi BG

MotoGP 2015 Jelang Valencia: Lorenzo Salahkan Wartawan, Tolak Rossi Jurdun Tahun Ini

MotoGP 2015 Jelang Valencia: Rossi vs Marquez, Akhir Pertemanan dan Hubungan Bisnis

MotoGP 2015 Pasca Sepang, Jelang Valencia: Agostini Minta Lorenzo Tak Ikut Bacot

MotoGP 2015 Pasca Sepang, Jelang Valencia: Rossi vs Marquez, Lorenzo Pun Layak Dipenalti, Layak Pula di PHK Yamaha?

MotoGP 2015 Pasca Sepang, Jelang Valencia: Marquez vs Rossi, Raja Tega Sang Pengidola!

MotoGP 2015 Pasca Sepang, Jelang Valencia: Rossi vs Marquez, Ini Komentar Stoner

 

BAGIKAN