nhk

MotoGP 2015 Jelang Valencia: Kisruh Rossi – Marquez, Race Direction Mulai Disorot

ManiakMotor – Secara pribadi Valentino Rossi melakukan langkah pembelaan terakhir ke Court of Arbitration for Sport (CAS). Itu  untuk membatalkan atau setidaknya mengurangi hukuman yang dijatuhkan Race Direction di GP Malaysia. Tentu dengan bukti-bukti pendukung.

The Doctor maju selaku pribadi, bukan atas nama tim Movistar Yamaha. Sebelumnya tim ini sudah melakukan banding ke FIM atas putusan RD di Sepang, tapi ditolak.  Jalan terakhir adalah gaspol ke CAS yang menjadi semacam pengadilan untuk mengadili kasus yang terjadi di kancah olahraga.

FIM lewat rilisnya mengakui  Rossi melakukan banding ke CAS dan FIM memilih tidak mengomentari langkah tersebut karena memang sesuai dengan aturan yang berlaku. Keputusan CAS ditunggu dalam beberapa hari ini. Jika CAS menganulir pautusan RD dan FIM, berarti Rossi bisa ikut sesi kualifikasi dan bertarung berebut posisi start terdepan. Jika tidak, maka keputusan yang haruskan Rossi start  belakang di Valencia harus dijalankan.

Belakangan RD di GP Malaysia memang dalam sorotan karena dianggap tak peka dan tak peduli pada situasi yang berpotensi buruk pada lomba. Setelah kritik keras Rossi terhadap Marquez pada Kamis (22/10), sebenarnya Direktur Tim Movistar Yamaha Massimo Meregalli telah menghadap RD pada Sabtu (24/10). Tujuannya mereka melakukan langkah yang dianggap perlu karena tensi perselisihan Rossi dan Marquez sudah semakin tinggi.

Potensi tersebut dikhawatirkan  mengganggu jalannya balapan. Tapi, nyatanya, RD mengabaikan itu dan menganggap tak ada persoalan yang harus dikontrol. “Kasus ini mungkin tak terjadi jika sejak awal Race Control proaktif menyikapi situasi yang berkembang, situasi yang memunculkan banyak isu dan spekulasi. Harusnya mereka memanggil Rossi dan Marquez dan mengingatkan semua hal yang dianggap perlu. Tapi, tak ada langkah apapun yang diambil,” komentar Carlo Pernat, manajer pribadi Andrea Iannone. Wah kalau ini sudah diulas di tulisan ini; MotoGP 2015 Sepang (Pasca Race): Kasus Marquez Vs Rossi, Panitia Tidak Peka, Tuli Dan Buta..!

Kepentingan Rossi lakukanbanding ke CAS tak hanya untuk meninjau ulang vonis RD yang kemudian disahkan FIM. Tapi juga membersihkan namanya yang telanjur dituduh menendang lawan.  Dengan bukti dan analisa yang ada, kubu The Doctor tak ingin predikat penendang melekat pada pembalapnya. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Sepang (Pasca Race): Kasus Marquez Vs Rossi, Panitia Tidak Peka, Tuli Dan Buta..!

MotoGP 2015 Jelang Valencia: Nih Tiga Sosok Race Direction Pengadil Rossi vs Marquez, Versi BG

MotoGP 2015 Jelang Valencia: Pembalap F1 Malah Membenarkan Tindakan Rossi, Dukung Ke Valencia

MotoGP 2015 Jelang Valencia: Surat Terbuka Presiden FIM, Isinya Imbauan Saja

MotoGP 2015 Jelang Valencia: Konspirasi Lorenzo-Marquez Lewat Meeting di Andorra?

BAGIKAN