nhk

MotoGP 2015 Jelang Valencia: KTM RC16 Mengaspal Di Tengah Kisruh MotoGP, Tunggu Pedrosa dan Zarco 2017

ManiakMotor – Di tengah kisruh Rossi – Marquez – Lorenzo, kabar baik datang dari Sirkuit Red Bull Ring, Austria, yang tahun depan menjadi salah tuan rumah MotoGP. KTM yang jadi tim pabrikan MotoGP pada 2017 telah menyelesaikan tes perdana untuk RC16-nya di sana.

Gebetan prototype itu digeber tester Alex Hoffmann selama tiga hari. Ini cikal bakal motor yang dibesut KTM main di MotoGP setelah melanglangbuana di kelas capung. KTM sangat kuat dengan kelas pembibitannya. Sebut KTM Red Bull Cup yang ikut membesarkan Marc Marquez. Sejak ada Moto3, mesin mereka pun yang perdana diuji di kelas tersebut. Jauh sebelumnya, pabrik dari Austria ini ngetop di motocross yang tak kalah teknologi mereka dengan pabrikan Jepang.   

Dalam test itu tak ada lap time yang dipublikasikan. Hoffmann bersaksi merasa surprise dengan kualitas awal RC16. Ia yakin bisa berkembang dan kompetitif saat mengaspal resmi di grid MotoGP 2017. “Untuk saat ini lap time tidak terlalu penting. Proyek ini sudah start dan bisa lakoni sejumlah lap tanpa problem, itu sudah sangat memuaskan,” kata Pit Beirer selaku Motorsport Director KTM.

“Kami telah menghimpun banyak data di lapangan. Semuanya positif dan menambah keyakinan kalau RC16 akan berkembang seperti rencana,” imbuh Direktur Teknik KTM Sebastien Risse.

Setelah Hoffmann, tes rider berikutnya yang akan jajal RC16 adalah Mika Kallio. Lantas, siapa pembalap regularnya saat masuk kompetisi pada 2017? Secara diplomatis Beirer bilang segala sesuatunya belum hitam di atas putih, namun sudah ada beberapa alternatif, dan itu pun akan sangat tergantung pada perkembangan sepanjang 2016.

Sejak awal tahun ini Dani Pedrosa erat dikaitkan dengan proyek KTM 2017. Kontraknya di Repsol Honda kadaluarsa pada akhir musim 2016. Posisinya rawan tergantikan setelah Honda memaksakan Jack Miller naik langsung dari Moto3 ke MotoGP pada musim 2015. Pembalap Australia itu dispekulasikan menjadi teammate Marc Marquez musim 2017, sekaligus merenda ulang masa-masa emas Honda dengan rider Australia seperti sebelumnya dengan Mick Doohan dan Casey Stoner.

Nama Pedrosa juga terkait erat dengan kepindahan Chief Mechanic-nya selama bertahun-tahun, Mike Leitner, yang awal musim ini hengkang ke KTM. Ada dugaan ia berangkat lebih awal untuk menyongsong DP di akhir musim 2016.

Johann Zarco sang juara dunia 2015 juga disebut-sebut hampir pasti jadi bagian KTM 2017. Ia sudah pastikan bertahan di Moto2 musim 2016 sekaligus jadi tester KTM, sekalian sebagai awal persiapan ke MotoGP. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Valencia (Catatan): Politik Kepentingan Menuju Partai Final

MotoGP 2015 Jelang Valencia: Marquez Dilaporkan Balik ke Polisi

MotoGP 2015 Jelang Valencia: Rapatkan Rossi dan Lorenzo Jelang Final, Isu JL ke Ducati Kembali Muncul

MotoGP 2015 Jelang Valencia: Waduh Kok Jadi Gini? Marquez Berkelahi Dengan 2 Wartawan Italia

MotoGP 2015 Jelang Valencia: Kisruh Rossi – Marquez, Race Direction Mulai Disorot

BAGIKAN