nhk

MotoGP 2015 Jelang Valencia: Ujian Omongan Marquez, Pedrosa Unggulan, Tantangan Buat Rossi dan Lorenzo

ManiakMotor – Joki Yamaha tak punya statistik bagus kala main di sirkuit tipikal anticlockwise atau berlawanan arah jarum jam macam Sachsenring, Indianapolis dan Valencia. Selalu Honda yang dominan. Kecuali kemarin di Aragon, Jorge Lorenzo juara. Tapi Valencia sirkuit yang nggak panjang-panjang amat. Jarak 4 km dibagi 14 tikungan. Juga lebar trek hanya 12 meter. Tipikalnya untuk tenaga bawah yang jadi santapan Honda.  

Pantaslah menjagokan anak-anak RC213V pabrikan sebagai kandidatdi Valencia. Terlebih Dani Pedrosa yang kidal dan tengah on fire. DP juga yang punya statistik terbaik di sirkuit Valencia yang hamparkan 9 tikungan kiri dan hanya 5 tikungan kanan. DP yang kidal itu lebih luwes melahap karaker trek macam itu.

Data dan fakta di Valencia juga dukung hal itu. DP rider terbaik di Valencia meskipun tak pernah jadi juara dunia. Dari total 13 penampilan di semua kelas, ia 10 kali naik podium dan 6 di antaranya sebagai juara. DP sendiri bertekad juara lagi di Spanyol untuk pertahankan posisi 4 Besar klasemen dari kejaran Andrea Iannone (Ducati).

Bandingkan dengan Valentino Rossi yang jam terbangnya lebih banyak, dari 16 penampilan hanya podium 8 kali dan hanya dua kali menang. Kemenangan terakhir 2004. Artinya dalam 10 tahun terakhir tak ada istilah juara buat Rossi di Valencia.

Rider Yamaha lainnya, Lorenzo, samimawon meski Valencia adalah kandangnya sendiri. JL sudah 12 kali tampil di situ pada semua kelas, hasilnya hanya 4 podium dan dua kali jadi juara. Berarti, andai ajuan Rossi di CAS ditolak, Rossi masih ada kesempatan juara dunia. Dengan catatan Lorenzo ke-3 dan Rossi ke-6 pun, poin masih tinggian  Rossi alias jadi 321 untuk Lorenzo dan 322 untuk Rossi. Apalagi Rossi ke-5 atau ke-4 dan Lorenzo tetap ketiga.

Kan Marc Marquez yang terbilang anak baru dibandingkan 3 seniornya itu, tapi tampil 5 kali dengan hasil 3 podium dengan dua juara. Dia juara tahun lalu. Apalagi omongannya barusan katanya hanya mau ke depan di Valencia dan bermain 100 persen untuk itu. Ia sudah tak peduli dengan peristiwa kemarin. Yang penting juara. Wah mantap..!  

Terbilang sulit menjadi juara buat rider Yamaha dengan karakter motornya. Tapi, buat JL, mengejar posisi nomor satu tetap penting meskipun harus lihat hasil finish Rossi untuk tentukan gelar dunia. Sebaliknya buat Rossi, tak perlu menang tapi finish seperti gambaran tadi sudah cukup.

Dua hal penting jadi sangat  menarik dinanti: putusan CAS dan bagaimana nantinya MM menempatkan diri. Akankah MM pertaruhkan reputasi tim dan harga dirinya dengan cara bermain seperti di Sepang? Eh sekali lagi dia sudah ngomong untuk juara loh. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Valencia: Peryalah Pada Omongan Marquez

MotoGP 2015 Jelang Valencia: Livery Spesial Sky VR46, Dukungan Moril Untuk Rossi

MotoGP 2015 Jelang Valencia: Demi Gelar Jurdun, Lorenzo Siap Pertaruhkan Segalanya

MotoGP 2015 Jelang Valencia: Tunggu Keputusan CAS, Rossi Ingin Fight Lawan Lorenzo

MotoGP 2015 Jelang Valencia: Kans Rossi Kembali Terbuka Di Seri Pungkas

BAGIKAN