nhk

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Aprilia Luncurkan SSG, Katanya Mirip Punya Honda

ManiakMotor – Sesama pendatang baru di MotoGP 2015, tim pabrikan Aprilia selalu dipukuli pabrikan Suzuki dalam 4 seri yang sudah dihelat. Akan lain ceritanya usai GP Mugello nanti karena Aprilia kini punya mainan SSG (Seamless Shift Gearbox).

Girboks canggih yang memuluskan oper-oper gigi itu dites perdana oleh Alvaro Bautista dalam tes Jerez, Senin (4/5). Ia dapat fastest time 1:39,766 dengan barang baru itu. Lebih pelan dari sesi kualifikasi GPSpanyol yang 1:39,612. “Memang masih ada kekurangan, tapi jauh lebih bagus dari girboks standar. Sangat nyaman kala naik gigi keluar tikungan dan di trek lurus, mirip punya Honda yang tahun lalu saya gunakan,” ucap Bautista yang tahun lalu jadi pembalap satelit Honda dan dibekali RC213V.

Tak seperti Yamaha yang mencicil pengembangan SSG-nya dan baru tahun ini komplet bisa naik dan turun, Aprilia langsung meluncurkan SSG dengan sistem yang aktif saat naik dan turun gigi. Sayangnya, kata Bautista, kinerjanya saat turun gigi belum semulus harapan. Belum stabil saat lakukan pengereman keras di area tikungan dan belum bisa dapatkan titik pengereman seperti tahun lalu ia dapatkan dengan RC213V. Wah kalau itu mah motornya, bukan SSG-nya. “Saat ini masih lebih banyak terbantu engine brake, namun saya sangat senang dengan perkembangan ini,” katanya.

Karena itu Aprlia belum akan menggunkan SSGitu dalam balapan terdekat di LeMans. Kemungkinan baru bisa dipasang utuh saat pabrikan Italia itu tarung di rumah sendiri, GP Mugello. Paling lambat ya sesudah Mugello. Setelah itu tinggal ditunggu kemampuannya mengejar Suzuki yangsejak awal sudah mainkan SSG. Andro

Baca Juga

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Semangat Rossi Masuk ke Sirkuit Favorit

MotoGP 2015 Tes Jerez (Pasca Race): Yamaha Utak-Atik Variasi Set Up, Rossi Makin Kencang

MotoGP 2015 Test Jerez (Pasca Race): Honda Berbenah, Siapakan Senjata Baru Marquez

MotoGP 2015 Jerez (Pasca Race): Salah Pencet Tombol, Tren Podium GP15 Terhenti

BAGIKAN