nhk

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Baku Hantam Sesama M1, Rossi atau Lorenzo?

 

ManiakMotor – Empat unit M1 akan jadi perhatian khusus di GP Prancis berlabel Monster Energy Grand Prix de France, Sirkuit LeMans, mulai sesi latihan 15 Mei sampai raceday 17 Mei.  Saling serang sesama M1 memang harus terjadi.

 

Yang utama adalah perjalanan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo menuju gelar dunia 2015. Keduanya masuk LeMans sebagai favorit. Meski tak pernah menang lagi di LeMans sejak 2008, Rossi layak bidik juara kali ini karena memang tokcer dalam empat ronde awal. Perkembangan terakhir dalam tes Jerez, motornya pun sudah menyiapkan basis setingan buat LeMans dengan hasil positif.

 

“Kami pakai set up yang sebelumnya tidak terpikirkan. Perkembangan yang sangat menarik dinanti pada LeMans, trek yang amat saya sukai,” kata Il Dottore yang menangi GP Prancis musim 2002, 2005, dan 2008. Musim lalu ia runner up, posisi sama saat membela Ducati pada musim 2012.

 

Teman satu tim, Jorge Lorenzo, juga tengah on fire berkat kemenangan mutlak di GP Jerez. Semangat tempurnya lagi memuncak, sampai ia bilang seolah terlahir kembali setelah terpuruk tanpa podium di Qatar, Austin dan Argentina.

 

“Masih tertinggal 20 poin dari Valentino. Ia sangat kuat musim ini dan selalu tampil di podium. Tapi, saya sudah kembali temukan irama terbaik dan menujuLeMansdengan kepercayaan diri sangat tinggi,” ucap JL yang juara di LeMans pada 2009, 2010 dan 2012.

 

Sebelum memikirkan Marc Marquez dan kembalinya Dani Pedrosa, Rossi dan Lorenzo pastinya harus baku pukul lebih dulu karena Yamaha memang selalu kuat di LeMans. Terlebih saat ini M1 sudah dibekali SSG komplit naik dan turun gigi yang sangat efektif penggunaannya di trek berkarakter stop and go itu. Tinggal tunggu hasil, Rossi atau JL yang lebih mampu memaksimalkannya?

 

Dua unit Yamaha M1 lainnya yang bakal tampil mencolok adalah milik Pol Espargaro dan Bradley Smith berbendera Monster Yamaha Tech3, tim tuan rumah sekaligus sponsor penyelenggara. Keduanya akan berjuang masuk podium, atau setidaknya fight menjadi rider satelit terbaik. Untuk menang, sulit banget euy, pasalnya SSG yang mereka miliki kalah canggih dengan pabrikan. Hanya aktif saat naik gigi, begitu oper gigi turun ya pakai standar.

“Ini balapan di dalam rumah kami sendiri dan saya harap hasilnya bisa fantastis. Pol finish ke-5 di Jerez, Smith saat ini urutan 7 klasemen. Mereka akan fight untuk menghibur fans setia,” tegas Herve Poncharal,  tim Tech3 yang memang ber-KTP Prancis. Andro

 

Baca Juga

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Gemuruh Tuan Rumah di Kelas Bawah, Penantian Quartararo

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Rada Gawat, Jatah Mesin Marquez Mulai Kritis

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Rossi Butuh 3 Rumah Untuk Simpan Piala

 

 

BAGIKAN