nhk

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Crutchlow Kerja Ekstra Demi Honda dan Marquez

ManiakMotor – Marc Marquez ndak bohong kalau bilang selama ini RC213V spek 2015-nya terkendala grip ban. Pada tes Jerez lalu ia fokus pada pembenahan di sektor itu dengan bantuan Cal Crutchlow.

 

Selama Dani Pedrosa tak berlomba, Cal seolah jadi rider kedua tim pabrikan Honda. Di Austin doski dibekali sasis baru untuk dijajal padahal itu sasis sejatinya dibikin untuk Pedrosa. Di Argentina, rider tim satelit LCR Honda itu dapat tugas mengawal Marquez agar mulus di garis start dan bisa ngacir secepatnya.

Dan, terakhir kala tes Jerez dimana Cal mendapat tugas ekstra menguji swingarm baru yang diperuntukkan untuk kepentingan Marquez. Swingarm baru ini dipasangi pada RC213V milik Marquez dan Cal untuk dapatkan data komplet dan beragam. Itu salah satu cara cari solusi untuk membenahi keluhan Marquez soal grip ban belakang yang kurang apik.

Hasilnya, Cal dapatkan motor yang lebih mantap dibandingkan saat raceday GP Spanyol sehari sebelumnya. Swingarm baru itu bikin motornya lebih stabil dan enak digeber.

“Andai balapan digelar hari ini saya yakin hasil akhirnya akan lebih bagus,” ucapnya usai tes Jerez yang sekaligus persiapannya menuju GP Prancis pada minggu depan.

Ia akui pengujian swingarm itu memang diperuntukkan untuk dapat perbandingan dengan swingarm yang dipasang di motor Marquez. Para teknisi HRC ingin masukan data beragam untuk diperbandingkan dengan milik Marquez.

“Saya dan Marc memang kesulitan dengan daya cengkeram ban. Uji swingarm baru ini berjalan positif, tapi tentu saja sulit dibandingkan karena gaya balap saya yang beda dengan Marc. Bagus buat Honda karena saya bisa beri masukan berbeda untuk memperkaya analisa. Saya pun bangga melakukan hal itu untuk Honda,” tandasnya.

Hasil tes itu sekaligus melambungkan semangatnya menuju LeMans dengan target tarung naik podium. Ambisi yang bukan asal-asalan karena Cal runner up GP Prancis 2013. Tahun lalu ia harus pasarah di atas Ducati dan finish di urutan 11. Dengan RC213V spek pabrikan, wajarlah doi bidik podium. Soal  tercapai atau tidak ya lihat nanti Brosit! Andro

Baca Juga

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Pedrosa Muncul Lagi, Tarung Tanpa Beban

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Hindari Gangguan Mental, Saatnya Marquez dan Lorenzo Membendung Rossi

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Incar Kemenangan Perdana, GP15 Tes Khusus di Mugello

MotoGP 2015 Jelang LeMans: Lorenzo Anggap Musuh Terberat Diri Sendiri, Setelah Itu Rossi dan Marquez

 

 

 

BAGIKAN