nhk

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Gemuruh Tuan Rumah di Kelas Bawah, Penantian Quartararo

ManiakMotor – Ada empat pembalap MotoGP yang merasa tuan rumah dalam laga GP Prancis, 17 Mei. Tapi, sangat jelas, bukan mereka yang ditunggu-tunggu para hadirin nantinya.

Maklumlah Brader, ke-4-nya bukan pemain top dan sangat mustahil bisa melawan para rider papan atas. Yang benar-benar tuan rumah adalah dua pembalap katagori Open Class, yakni Mike de Meglio (Avintia Ducati) dan Loris Baz (Forward Yamaha) yang memang ber-KTP Prancis. Dua lainnya, Pol Espargaro dan Bradley Smith, meski orang Spanyol dan Inggris tapi merasa LeMans menjadi home race pula karena tim Monster Yamaha Tech3 milik Herve Poncharal benar-benar tim Prancis dan  punya markas tak jauh dari sirkuit.

Karena empat nama itu sulit bersaing di garis depan, maka gemuruh penonton tuan rumah akan tumpah kepada dua pembalaptuan rumah di kelas bawah. Khususnya buat bocah ajaib Fabio Quartararo yang disebut-sebut sebagai The Next Marquez karena sudah bikin berbagai rekor dalam umur 15 tahun. Meski belum cukup umur 16 tahun sebagai syarat minimal masuk kancah MotoGP, tapi anak itu diberi dispensasi berkat prestasi cemerlangnya menjuarai ajang bergengsi Kejuaraan Moto3 Spanyol. Tak sia-sia karena Fabio dalam 4 laga musim ini bisa bercokol di3 Besar klasemen.

Di GP Jerez lalu saat usianya sudah masuk 16 tahun, ia punya potensi memenangi balapan. Sayang, ia terlalu memaksakan diri di tikungan 13 Jerez yang penuh skandal itu. Ia coba menyalip Denny Kent dari sisi dalam, persis pada  lap terakhir. Persis seperti dilakukan Valentino Rossi pada Sete Gibernau pda musim 2005, persis pula macam kasus Marc Marquez terhadap Jorge Lorenzo musim 2013. Sayang, motor pembalap tim Estrella Galicia itu malah melebar dan sekejap saja dua pembalap dibelakangnya menyalip dan fabio terlempar ke posisi 4.

“Saya ingin menang. Saya meniru yang pernah dilakukan Valentino dan Marc, tapi gagal karena saya belum berpengalaman,” kata calon Rookie of The Year itu yang tengah bersiap tarung jadi juara di rumah sendiri.

Selain Fabio, penantian lain tertuju kepada Johann Zarco yang musim ini cemerlang di kancah Moto2.  Untuk saat ini doski memimpin klasemen dengan poin 73.

Dengan dukungan gemuruhnya penonton, mari ditunggu apa yang akandilakukan kedunya? Andro

Baca Juga

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Rada Gawat, Jatah Mesin Marquez Mulai Kritis

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Rossi Butuh 3 Rumah Untuk Simpan Piala

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Suzuki Siapkan Mesin Baru Plus SSG di Catalunya

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Crutchlow Kerja Ekstra Demi Honda dan Marquez

BAGIKAN