nhk

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Hindari Gangguan Mental, Saatnya Marquez dan Lorenzo Membendung Rossi

ManiakMotor – Sudah tua tapi masih diburu. Begitulah Valentino Rossi di ronde ke-5 MotoGP di Sirkuit LeMans, Prancis, 17 Mei. Pemburunya adalah Jorge Lorenzo dan Marc Marquez yang jauh lebih muda.

Angka maksimal di LeMans amat krusial lantaran sekarang ini VR unggul 20 poin atas JL dan 26 atas MM. Sementara Jl versus MM hanya berselisih 6 angka. Artinya, JL dan MM wajib mereduksi poin di LeMans dengan keharusan mengalahkan The Doctor. Jika gagal maka itu bisa jadi ‘gangguan mental’ tersendiri karena seri balap sesudahnya menuju Sirkuit Mugello, kandang Rossi yang notabene bakal makin sulit mengalahkannya.

Tekad JL dan MM jelas, membendung Rossi agar tak terlampau jumawa di pucuk klasemen. Keduanya tengah on fire dalam arti kondisi fisik, mental, dan kesiapan motor tak jadi masalah. Pada tes Jerez lalu, keduanya juga menjajal komponen baru di motor masing-masing dalam rangka persiapan masuk LeMans. JL jajal garpu baru di M1-nya, sementara MM mencoba swingarm anyar. Keduanya mengaku positif dengan hasilnya.

Menjadi seru Brader, karena jelas tak akan mudah membendung The Doctor di LeMans, salah satu trek favoritnya. Saat-saat sekarang ini Rossi sangat menikmati balapan dan itu jadi kekuatan tersendiri. Maklum, rutin podium dalam 4 balapan dan menang dua kali.

Seperti lawannya, Il Dottore juga mengambangkan M1 dalam tes Jerez. Ia mengubah jarak roda depan dengan belakang dan mengubah bentuk jok motornya agar punya posisi duduk lebih mantap di jalur lurus. Itu dilakukan untuk mengatur distribusi bobot agar itu M1 makin stabil saat diajak tempur. Hasilnya, catatan waktu Rossi lebih kencang dibandingkan sesi Q2 GP Spanyol pada dua hari sebelumnya. Meski hanya kisaran 0,1 detik, ia sudah girang.

“Ini menjadi penantian menarik di LeMans,” kata Rossi yang sadar sesadarnya kalau JL dan MM harus pol-polan di LeMans untuk mengejar poinnya.Nah, kalau The Doctor sudah bilang bakal menarik, ya sepertinya akan begitu dan tinggal tunggu saja! Andro

Baca Juga

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Incar Kemenangan Perdana, GP15 Tes Khusus di Mugello

MotoGP 2015 Jelang LeMans: Lorenzo Anggap Musuh Terberat Diri Sendiri, Setelah Itu Rossi dan Marquez

MotoGP 2015 Jelang LeMans: Marquez Mulai Keluhkan Honda

MotoGP 2015 Jelang LeMans: Dorna Ingin Rossi Balapan Selama Mungkin

BAGIKAN