nhk

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Rada Gawat, Jatah Mesin Marquez Mulai Kritis

ManiakMotor – Keampuhan RC213V spesifikasi 2015 jelas tak setangguh versi 2014. Sejak tes pramusim, Marc Marquez seperti lebih suka dengan versi lawasnya.  Hasil buruknya sementara ini sudah tampak.

Dari empat balapan musim ini baru satu kemenangan dipetik. Skor sudah tetinggal 1-3 dengan Yamaha padahal tahun lalu Si Marquez memborong semua balapan awal. Satu-satunya kemenangan diraih di GP Austin yang memang disebut-sebut sirkuit kekuasaan Marquez karena tak tertaklukkan di sana.

Tapi, kemenangan di Austin itu harus dibayar mahal. Satu unit mesin RC213V-nya rontok saat kualifikasi sehingga harusbuka mesin baru dari kardusnya. Ironisnya, itu adalah mesin ke-3 yang sudah terpakai dari jatah 5 mesin per tahun. Artinya, ia sudah pakai 3 mesin untuk dua balapan. Itu sebuah ‘prestasi’ yang menggambarkan betapa sepk 2015 memangkalah tangguh dari spek 2014.

Usai GP Argentina, Marquez dan timnya belum terlampau memasalahkan jatah mesin segar yang tinggal 2 unit. Pasalnya, 3 mesin terpakai masih bisa dirotasi.

Beda dengan situasi setelah GP Jerez. Keadaan jadi rada gawat karena mesin yang jebol di Austin itu ternyata tak bisa diperpanjang umurnya. Benar-benar rontok sudah dan sama sekali tak terpakai meski buat latihan doang. Marquez sudah mengonfirmasi hal itu dan tentunya harus makin hemat di ronde-ronde berikutnya yang tersisa 14 jadwal balapan.

Sekarang silakan sampeyan kalkulasi sendiri. Dengan asumsi satu mesin baru biasanya hanya digunakan untuk 3 sampai 4 balapan, tentulah riskan bagi Marquez yang tinggal punya 2 mesin dalam kardus dan 2 mesin yang sudah berkali-kali digeber pol-polan.

Bandingkan dengan stok mesin Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang menjadi rival Marquez di jalur kejuaraan dunia. Usai Jerez dan jelang GP Prancis di LeMans pekan ini, keduanya baru mengeluarkan dua mesin. Kondisinya pun masih sehat sehingga tabungan 3 unit mesin baru belum perlu diutak-atik.

Awal musim 2015 memang harus diawali Marquez dengan keprihatinan. Sudah ditimpa kendala teknis pada besutannya,  kelingking kiri pun patah jelang Jerez. Waduh, sabar ya Dek! Ingat, mulai seri LeMans ini jangan sampai jebolin mesin lagi agar tak makin kritis sampai akhir musim! Andro

Baca Juga

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Rossi Butuh 3 Rumah Untuk Simpan Piala

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Suzuki Siapkan Mesin Baru Plus SSG di Catalunya

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Crutchlow Kerja Ekstra Demi Honda dan Marquez

MotoGP 2015 Jerez (Jelang LeMans): Pedrosa Muncul Lagi, Tarung Tanpa Beban

BAGIKAN