nhk

MotoGP 2015 Jerez (Jelang Race): Ban Kembali Jadi Faktor Krusial, Rossi Tunggu Sesi Pemanasan

 

ManiakMotor – Sampeyan boleh punya mesin kencang dan punya skill apik di atas motor. Tapi, kalau bannya bukan FDR atau IRC ya bisa beda rasanya hehehe. Begitu pula di MotoGP, salah pilih ban bisa fatal akibatnya. Soal ban ini yang kembali jadi persoalan di Jerez seperti halnya di GPArgentina lalu.

Bedanya kalau di Argentina karena permukaan aspalnya yang kasar, di Jerez aspalnya masih mulus dan tidak merusak kompon. Tapi licinnya bukan main saat suhu udara terik. Pasalnya, pori-porinya sudah mulai kendur untuk pegangan ban. Maklum karena sudah berumur 11 tahun belu ganti hot mix dan memang sudah saatnya diaspal ulang, bukan ditambal-tambal seperti Sentul.

Raceday hari ini berlangsungpukul 14.00 waktu setempat, kemungkinan sedang panas-panasnya. Diprediksi hampir samalah dengan suhu udara saat Q2 berlangsung, yakni 30-an derajat celcius udaranya dan di lintasan suhu mencapai 54oC.

Kondisi trek plus kondisi cuaca itu harus jadi perhatian pembalap memilih ban maing-masing. Yang soft, medium, dan hard punya kelemahan dan keuntungan tersendiri. Saat Q2, misalnya, tiga pembalap terdepan menggunakan kombinasi ban yang berbeda saat cetak best lap-nya. Jorge Lorenzo pakai kompon medium untuk roda depan dan belakang, Marc Marquez pakai hard tyre (depan) dan medium tyre di roda belakang, sementara Andrea Iannone gunakan ban keras di depan plus ban lembut jatah Open Class di roda belakang.

Untuk balapan pasti beda dengan Q2. Kombinasi depan dan belakang itu pastinya akan jadi kunci suksesnya pembalap menjadi tercepat. Tergantung pilihan, setingan motor, dan strategi masing-masing pembalap. “Untuk ban belakang, sepertinya mayoritas rider memilih kompon medium untuk tarung 27 laps. Kompon ini dinilai punya grip yang lebih kuat, juga punya daya tahan memadai. Tapi, pilihan terakhir kembali kepada pembalap sesuai riding style, strategi dan set up masing-masing,” komentar Shinji Aoki, komandan Bridgestone di MotoGP.

Menarik menunggu apakah yang namanya Valentino Rossi mau kembali berjudi dengan pilihan ban tersendiri macam di Argentina? Itu bisa tergantung pada situasi terakhir saat warm up. Terlebih karena Rossi dan tim teknis di bawah asuhan Silvano Galbusara seringkali justru bikin perubahan penting di sesi pemanasan itu. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP, Moto2, Moto3 Jerez, Spanyol 1, 2, 3 Mei 2015

MotoGP 2015 Jerez (Jelang Race): Spoiler Ducati GP15 Kembali Diuji

MotoGP 2015 Jerez (Jelang Race): Rossi Belum Ketemu Setingan Atau Sembunyikan Strategi?

MotoGP 2015 Jerez (Jelang Race): Lepas Lorenzo, Perhatian Marquez Tertuju Kepada Rossi

MotoGP 2015 Jerez (Jelang Race): Yamaha Tokcer Cuaca Panas, Lorenzo Berpotensi Tarung Rossi

BAGIKAN