nhk

MotoGP 2015 Jerez (Jelang Race): Rossi Belum Ketemu Setingan Atau Sembunyikan Strategi?

ManiakMotor – Ada 4 sesi latihan bebas dan Valentino Rossi sama sekali tak pernah apik bahkan terlempar di urutan 13 di FP2. Eh, giliran kualifikasi, ia bisa tembus 5 Besar. Strategi apa yang tengah dimainkan The Doctor?  

Secara urutan, Il Dottore memang ke-5. Tapi, fakta di lintasan bicara kalau kinerja M1 Rossi setara dengan RC213V milik Marc Marquez. Setidaknya begitulah penilaian Marc Marquez sehingga merasa harus tetap perhitungkan seniornya itu dalam balapan. Rossi sendiri akui masalahnya hanya pada ban, tak ada yang lain. “Mungkin saya salah pilih ban depan,” jelas yang katanya tinggal ban depan yang masih bisa diuji lagi pada warm up sebentar lagi.

Artinya, jika tak salah memilih karet alas roda depan itu, laju The Doctor bisa lebih tokcer. Tapi ya begitu, Rossi belakangan bukan tipe pengumbar nyali saat single lap. Dalam tiga seri lalu, tipenya seorang pembalap produktif saat lomba. Makanya jadi pertanyaan, apa iya pembalap sekelas VR yang dianggap dewa MotoGP bikin kesalahan soal ban. Atau memang semua ini adalah bagian stragi yang tengah dimainkan sang dewa?

Sejak zaman kejayaannya dulu, Rossi sudah acap menyembunyikan kiat-kiatnya di sesi latihan agar tak dicontek lawan dan baru dikeluarkan saat balapan. Marquez sudah sangat sadari itu, makanya ia bilang akan beri perhatian khusus pada Rossi saat raceday GP Spanyol, Minggu (3/5) malam WIB ini. “Semua tahu Rossi selalu lebih cepat saat balapan,” tegas Marquez dan itu sami mawon dengan ulasan di portal ini yang acap bilang jangan lihat hasil latihan untuk menilai performaThe Doctor.

Rossi sendiri tak banyak berkoar menyongsong laga di rumah musuh-musuhnya itu. Ia bilang belum temukan setingan sesuai keinginannya dan masih akan kerja keras  untuk siapkan paket terbaik pada sesi pemanasan sebelum balapan. “Tapi, kami sudah cukup puas start dari row ke-2. Start dari urutan 5 bukanlah hal buruk untuk memulai balapan,” katanya dan silakan sampeyan simpulkan tersendiri kalimatnya, bahwa di situ terdapat kepercayaan diri yang tinggi.

Ngegas awal dari urutan 5 berati The Doctor akan mulai balapan persis di belakang buntut RC213V milik Marquez. MM diapit oleh Jorge Lorenzo dan Andrea Iannone sementara Rossi diapit oleh dua bersaudara Pol dan Aleix Espargaro. Tiga pembalap medioker itu jelas akan gradak-gruduk di kala start, membuat Rossi harus pikirkan langkah untuk selamat memasuki tikungan pertama. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP, Moto2, Moto3 Jerez, Spanyol 1, 2, 3 Mei 2015

MotoGP 2015 Jerez (Jelang Race): Lepas Lorenzo, Perhatian Marquez Tertuju Kepada Rossi

MotoGP 2015 Jerez (Jelang Race): Yamaha Tokcer Cuaca Panas, Lorenzo Berpotensi Tarung Rossi

MotoGP 2015 Jerez Q2: Lorenzo Pole Position, Rossi Ke-5

MotoGP 2015 Jerez FP4: Iannone Tercepat, Marquez Jatuh

BAGIKAN