nhk

MotoGP 2015: Kata Stoner, Set-Up RC213V Hak Prerogatif Marquez Dan Pedrosa, Ia Cuma Tester

 

ManiakMotor – Tester di balap motor bukan penentu set-up. Set-up adalah hak prerogatif joki yang pegang motor tersebut sesuai karakternya. Tester hanya memastikan motor layak dan kalau kurang diberi datanya. Apalagi ada barang baru yang lagi dicoba, tester penentu awal bahwa barang sudah oke. Itu komponen nggak goyang-goyang digeber sampai limit.

Begitulah menurut Casey Stoner setelah dia mengetes Honda RC213V di Sepang baru lalu atau empat hari sebelum test Sepang1 yang mulai 4 Februari ini. Yang ditest RC213V milik Marc Marquez dan Dani Pedrosa edisi 2015. “Tidak ada gunanya mengejar set-up. Karena set-up satu sama lain antara pembalap sangat berbeda. Marc dan Dani punya pilihan masing-masing, termasuk dengan saya terhadap set-up. Saya hanya menegaskan keadaan motor yang diuji,” jelas  Stoner.

Pada RC213V 2015, Stoner disuruh coba fork (sokbreker depan), mulusnya engine brake dan pemetaan (mapping) mesin. Itu sesuai tuntutan usai test Valencia pada September 2014 lalu. Nah tugas Stoner hanya meyakinkan area itu, sebelum Marquez dan Pedrosa menggebernya. Jadi, duet Honda itu tak kelamaan hanya raba-raba dan merasa-rasa revisi RC213V edisi 2015. Justru mereka diharapkan ditest Sepang1 sudah langsung ke sasaran mengembangkan set-up masing-masing, karena motor dan komponen barunya sudah punya data dari Stoner.  

Lebih lanjut lagi, pasukan Marquez dan Pedrosa sudah tahu sasaran variasi set-up dari hasil test Stoner. “Soal variasi ini tidak mungkin akan diuji Marc dan Dani. Keduanya tak punya waktu untuk itu. Maka itulah tugas saya sebagai tester untuk menegaskan,” tambah Stoner yang mantan juara dunia MotoGP 2007 dengan Ducati dan 2011 bersama Honda sendiri.

Itulah keuntungan punya tester seperti Satoner. Itu motor telah diujinya sampai terbang yang paling tidak dekat-dekat dengan kenyataan di balap sesungguhnya. Maklum dia mantan juara dunia dua kali. Usianya pun saat ini masih produktif, keterampilannya  tak kalah dengan pembalap intinya. Apalagi bila diukur dengan Pedrosa, hehe. Ito

BACA JUGA

Hasil Test Pra Musim MotoGP Sepang1, Malaysia, 4 – 7 Februari 2015

MotoGP 2015 Jelang Test Sepang1: RC213V-RS, Ujian Laverty Lawan ‘Anak Ingusan’

MotoGP 2015: Di Mata Bos Dorna, Kini India Lebih Penting dari Indonesia

MotoGP 2015 (Jelang Tes Sepang 1): Suzuki Mulai Masuk Perang Sungguhan

MotoGP: 25 Daftar Nama Pembalap MotoGP 2015, Hanya Satu Sang Juara

MotoGP 2015 Test Sepang1: Kata Crutchlow Motor Pabrik Selangkah Di Depan, Bisa Dikejar

 

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353