nhk

MotoGP 2015 LeMans (Jelang FP3/Q2): Berbekal Swingarm Anyar, Marquez Tetap Gagal ke Puncak

ManiakMotor – Fakta kalau Marc Marquez sama sekali tak sehebat tahun lalu yang acap memborong semua sesi, dari latihan sampai raceday. Ia kembali bikin pengakuan, memang harus berguru lagi kepada Valentino Rossi.

Entah Marquez yang lagi down atau memang spek terbaru RC213V yang bermasalah, yang jelas MM benar-benar terkendala di LeMans. Dari dua FP, catatan waktunya hanya tercepat kelima, padahal sudah dibekali swingarm baru yang katanya mantap saat diuji pada tes Jerez lalu. Best lap-nya 1:33,670 dibuat pada lap ke-16 dari total 21 lap di sesi FP2. Artinya, itu adalah catatan maksimal yang bisa dilakukan karena upaya pertajam waktu dalam saat-saat akhir latihan gagal dilakukan.

Marquez tak jelaskan apa masalah teknis di motornya, kecuali bilang masalah kelistrikan di FP1 saat pakai mesin bekas (doski memang sudah harus hemat mesin karena tinggal 2 unit yang belum dibuka), tapi mengaku posisi lima di FP2 adalah hasil maksimalnya. Ia malah berkelit.

“Hasil akhirmemang hanya nomor lima, tapifeeling saya sangat bagus di atas motor. Itu yang penting.”

Meski sejauh ini belum ada tanda-tanda kembali ke performa macam musim 2014, Marquez merasa belum terancam dalam upaya mempertahankan  gelar musim ini.

“Mungkin panik jika punya poin nol setelah 4 seri. Situasi tahun ini sangat beda dengan tahun lalu. Lawan semakin maju, terlebih Yamaha sementara Ducati pun harus diwaspadai. Sejauh ini perasaan saya masih bagus dan masih ada 14 balapan yang dilakoni. Valentino danJorge jelas jadi lawan yang paling sulit,” tutur Marquez yang sementara ini tertinggal 26 angka dari Rossi dan 6 poin dari Lorenzo.

“Sayaharus terus belajar dari Valentino untuk mengatasi  situasi. Ia pandai bikin strategi. Ia punya pengalaman panjang dan tahu persis kapan dan bagaimana harus menyerang serta kapan bertahan,” tandas MM yang masih penasaran dengan strategi ban Rossi yang mengalahkannya di Argentina.

Di LeMans, kecerdikan pakai ban bisa saja kembali terjadi karena suhu udara yang berubah dengan cepat. So, MM memang harus waspadai Rossi si The Oldest Man on The Grid itu! Andro

Baca Juga

Hasil MotoGP, Moto2, Moto3 LeMans, Prancis, 15,16,17 Mei 2015

MotoGP 2015 LeMans (Jelang FP3/Q2): Rossi Ngeluh Kalah Kencang di Sektor 1 dan 3

MotoGP 2015 LeMans (Jelang FP3/Q2): Sensasi Smith dan M1 Kw2, Terukir Berkat Garpu Baru

MotoGP 2015 LeMans (FP2): Wow, Bradley Singkirkan Anak Pabrikan, MM dan VR 5 – 6!

BAGIKAN