nhk

MotoGP 2015 LeMans (Jelang FP3/Q2): Sensasi Smith dan M1 Kw2, Terukir Berkat Garpu Baru

ManiakMotor – Hanya ganti garpu depan dan utak-atik elektronik, Yamaha M1 versi satelit langsung melejit dan sukses menekuk para joki pabrikandi FP2. Pertanyaannya, berlanjutkah pada sesi FP3 dan terlebih Q2 padaSabtu (16/5) ini?

 

Torehan waktu 1:33,179 dibuat Smith pada lap18 dari 19 putarannya. Itu membuatnya tak hanya tercepat di FP2 tapi sekaligus melampaui waktu pole position tahun lalu plus rekor sirkuit 1:33,548 yang dicetak Marc Marquez tahun lalu.

Buat Smith sendiri, ini kali pertama memimpin sebuah sesi resmi MotoGP tahun ini. Kali kedua sepanjang karirnya setelah FP2 di GP Catalunya 2014 yang sayangnya saat itu tak membuahkan hasil bagus saat balapan, hanya urutan 10.

Kunci sukses kali ini, kata Smith, berkat garpu depan yang diperkenalkan saat tes Jerez lalu dan mensinerjikannya dengan utak-atik perangkat elektronik. Ia tak ingin jelaskan detil setelannya karena hal itu adalah rahasia mekanik dan timnya, namun dengan gamblang ia jelaskan akibat positifnya. M1-nya kini sangat nurut memasuki wilayah tikungan dan stabil saat berada di dalam tikungan.

“Saya sudah bisa lakukan pengereman pada titik yang saya inginkan. Sebelumnya itulah kendala kami dan itu semua teratasi oleh garpu baru,” kata rider Inggris itu yang sempat kecelakaan ringan di R13 karena menghindari Aleix Espargaro yang slip dengan Suzukinya.

Sekadar informasi, M1 satelit menggunakan SSG yang hanya aktif saat naik gigi. Sistemnya masih standar saat turun gigi, beda dengan milik M1 pabrikan yang sudah komplet. So, garpu baru plus setelannya itulah yang mungkin mengkompensasikekurangan SSG ‘kuno’ mereka.

Meski girang tak kepalang karena statusnya P1 di FP2, Smith jelas butuh pembuktian lebih lanjut kalau torehan waktunya bukanlah kebetulan doang.  Arenanya adalah FP3, FP4, dan Q2 pada hari ini.

“Buat seorang pembalap, catatan waktu dan status P1 jelas meninggikan kepercayaan diri, terlebih karena selama ini kami tetap saja tertinggal 1 detik meski sudah kerja keras,” ujar Smith yang bertekad melanjutkan tren positifnya, mumpung sedang berada pada momen tepat karena tim dan sponsor utamanya adalah tuan rumah GP Prancis. Andro

Baca Juga

Hasil MotoGP, Moto2, Moto3 LeMans, Prancis, 15,16,17 Mei 2015

MotoGP 2015 LeMans (FP2): Wow, Bradley Singkirkan Anak Pabrikan, MM dan VR 5 – 6!

MotoGP 2015 LeMans (FP1): Dovi, Lorenzo dan Marquez Bersaing, Rossi Ke-7

 

BAGIKAN