nhk

MotoGP 2015 LeMans (Pasca Race): Semua RC213V Bermasalah, Honda Harus Belajar Lagi

ManiakMotor – Meski hanya finish ke-4, Marc Marquez masih bisa beri hiburan kepada penonton lewat duel-duel asyiknya melawan Bradley Smith (Yamaha) dan Andrea Iannone (Ducati). Padahal roda depannya sangat sulit dikontrol. Ia pun minta Honda harus belajar ulang.

Permintaan Marquez agar timnya membedah semua data di LeMans dan jadikan pelajaran penting karena faktanya Honda memang kesulitan di trek itu. Beda sekali dengan musim lalu kala tim pabrikan (Marquez) dan tim satelit Honda (Alvaro Bautista) bisa bareng naik podium.

Bandingkan dengan musim ini. Dari 8 unit Honda yang bertarung, semuanya terkendala di bagian depan. Hanya Marquez yang lolos dari kecelakaan dan bisa masuk 4 Besar tak lain karena skill dan nyalinya yang terpelihara dengan baik. Rekan setimnya, Dani Pedrosa, yang baru sembuh dri operasi malah terjengkang di lap awal meski kemudian bangkit dan lanjutkan lomba untuk finish ke-16.

“Saya benar-benar tak mengerti, tiba-tiba saja kehilangan grip di roda depan dan jatuh,” ucap Pedrosa yang mengaku secara fisik mulai membaik.

Selain Marquez, rider Honda lainnya yang bias finih poin adalah Nicky Hayden (11) dan Eugene Laverty (14) yang pakai Honda RC213V-RS Open Class. Yang paling apes adalah dua rider satelit yang spesifikasinya pacuannya tak jauh dari pabrikan, yakni Cal Crutchlow (LCR Honda) dan Scott Redding (Marc VDS Racing) yang jatuh karena problem yangsama, yakni roda depan. Begitu juga Jack Miller dan Karel Abraham yang memacu RC213V-RE Open Class, ikut terjengkang.

“Faktanya semua Honda punya problem yang sama. Perubahan cuaca memang berpengaruh, tapi yang terjadi kali ini sangat buruk. Kami harus belajar dari balapan ini dengan menganalisa semua data yang terkumpul,” tegas Marquez yang baru sekali menang dalam lima balapan tahun ini.

Kienginan Marquez jelas harus diakomodasi Honda guna mengejar Yamaha dalam 13 onde berikutnya. Terlebih kkarena kini Marquz sudah defisit 33 poin dari Valentino Rossi yang pimpin klasemen. Andro

Baca Juga

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

MotoGP 2015 LeMans (Pasca Race): Rivalitas M1 Makin Sengit, Rossi dan Lorenzo Mulai Mikir Duel Lanjutan

MotoGP 2015 LeMans (Pasca Race): Lorenzo ‘Deg-Degan’ Saat Rossi Mendekat

MotoGP 2015 LeMans (Race): Lorenzo Juara. Rossi Luar Biasa dan Mantap di Klasemen

 

BAGIKAN