nhk

MotoGP 2015: Lewat Bengkel Akira, Kawasaki Ninja Menuju MotoGP???

 

 

ManiakMotor – Masih ingat ocehan Hector Barbera, pembalap Spanyol yang membela Avintia Racing. Awal tahun  2014, tim ini pakai mesin Kawasaki. Di ujung serial 2014 Avintia malah  pindah ke Ducati. Barbera saat itu menuding tak ada campur tangan Kawasaki asli  sama sekali. Yang ada hanya rumah tunning Akira sebagai perpanjangan Kawasaki.

Akira inilah yang memanggil pembalap Moto2 Dominique Aegerter untuk test di trek Jerez, Spanyol, baru lalu. Aegerter menjajal Kawasaki CRT yang lagi-lagi bekas tim Avintia yang katanya telah dimodifikasi ulang. 

Testing tertutup itu tak secara gamblang menghamparkan spesifikasi motor yang digeber Aegerter.  Akira sebagai rumah modifikasi kalau di sini sama artinya dengan bengkel korek, jelas sekali yang ditunggangi Aegerter itu bukanlah model ZX-10R buatan Akira yang dibesut Tom Sykes di kancah WSBK.

Dari penampakannya yang samar-samar, sepertinya motor CRT dan Open Class eks Avintia. Tapi kini katanya lagi memakai mesin ZX-10R plus pneumatic valve. Bodywork-nya menggunakan model Ninja ZX-RR MotoGP edisi 2008. Remnya cakramnya  karbon dan menggunakan karet bundar Michelin, ban resmi MotoGP mulai musim 2016.

Tak ada pernyataan resmi Kawasaki, karena hanya Akira yang ada di sirkuit. Apakah proyek itu berkaitan dengan niat Kawasaki membangun tim pabrikannya di MotoGP, sebagaimana gembar-gembor belakangan. Bicara kepada MCN, Aegerter pun tak berani bicara banyak soal rencana ke MotoGP. “Tes ini memang didukung Kawasaki, tapi ini proyek milik Akira. Yang dipakai pun motor lama namun dengan pengembangan tertentu,” kata Aergerter yang catatan waktunya dikabarkan sangat lambat dibanding time MotoGP dan bahkan dengan Moto2.

Soal rasa, Aegerter pun tak bisa banyak cerita karena itu motor belum dipasangi perangkat elektronik yang bisa membantunya memahami sisik melik besutannya. “Yang pasti power-nya lebih gila. Terasa berat di tikungan. Itu sebabnya kecepatan saat ini malah lebih lambat dibandingkan aku menggeber motor spek Moto2,” tambahnya.

Jangan sampai Barbera jilid 2 ya! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Test Sepang1; Rossi Niat Bangat Juara Dunia Ke-10 Kali

MotoGP 2015: Lorenzo Dijagokan, Dianya Waspadai Rossi

MotoGP 2015: Tikungan Mugello Dibenahi, Aspal Baru Di Sirkuit Teknikal Yang Cepat

MotoGP 2015: Marquez Kembali Pakai Tuxedo, Atlet Terbaik Dunia

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353