nhk

MotoGP 2015: Lorenzo Ingin Regulasi Wet Race Dirombak Tahun Depan

 

ManiakMotor – Semua tahu kalau Jorge Lorenzo bukanlah jagonya balap di lintasan basah. Tapi, bukan karena itu ia ingin aturan main tahun depan diubah kala hujan menyerang.

Sejak tahun lalu dijalankan format flag-to-flag race (pembalap masuk pit dan ganti motor setelan basah) jika balapan berlangsung dalam kondisi hujan. Meski tak akibatkan banjir macam sekarang ini terjadi di banyak lokasi Jakarta, hujan di MotoGP jelas merepotkan dan membahayakan.

Kan itu motor tetap harus dikebut sekencangnya bro! “Fokus saya hanyalah aspek keselamatan. Flag-to-flag sangat bagus buat penonton. Itu pilihan lebih baik ketimbang hentikan balapan seperti cara sebelumnya, sebab banyak ruginya juga jika tayangan live di televisi dihentikan saat hujan dating,” papar rider Yamaha itu.

Karena itu, lanjutnya, sebaiknya ditambah ketentuan baru saat marshall mengibarkan bendera putih pertanda balapan basah. Ketentuan yang mengharuskan pembalap masuk pit dan ganti motor. Bukan seperti saat ini yang masih longgar karena pembalap bebas memilih masuk pit atau tidak.

Masih ada celah bertahan di lintasan basah meski pakai ban slick dan beresiko tinggi, tapi tetap dilakoni karena pertimbangan posisi dan poin semata. Itu kasus yang terjadi pada Marc Marquez dan Dani Pedrosa di Aragon yang pada akhirnya menjungkalkan keduanya. “Jadi, saat bendera putih berkibar, beri waktu maksimal dua lap untuk pembalap masuk pit dan ganti motor. Itu keharusan buat semuanya, bukan bebas memilih seperti saat ini,” tandasnya.

Sebenarnya ide bagus tuh, namun Lorenzo sendiri pun sadar usulannya bakal sulit diterima. Itu  jika dikaitkan dengan kondisi tertentu di mana sebagian sirkuit basah dan sebagian lainnya kering seperti beberapa kali terjadi. Apalagi hujannya nggak jadi alias gertak dioang seperti seri terakhir di Valencia.  Jika begitu keadaannya maka keharusan ganti tunggangan justru bisa jadi bumerang. Tapi, namanya usulan Masbro, ya maju aja dululah! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015: Test Pramusim Jerez 25 November: Time Suzuki Tinggal Selisih 0.3 Detik Dari Fastest Lap

MotoGP 2015: Silakan Kalau Marquez Mau Main Lagi di Moto2

MotoGP 2015: Rossi Merasa Tetap Muda, Bisa Sikat Marquez Musim Depan

MotoGP 2015: Lawan Pembalap Muda, Rossi Latihan Fisik 100 Km

 

BAGIKAN