nhk

MotoGP 2015: Lorenzo Tak Gentar, Merasa Sepadan Dengan Rossi Dan Marquez

 

 

ManiakMotor – Seperti tahun  lalu, Jorge Lorenzo adalah kandidat terkuat pesaing Marc Marquez berebut gelar dunia. Begitu pun musim 2015, dengan syarat JL harus lebih bugar, kuat mental dan berani ambil risiko.

Tiga faktor itu yang pernah dikritik Sete Gibernau hilang dari Lorenzo. Bila itu diperbaiki menurut Sete tak mudah buat Marc Marquez juara. Musim 2014, Lorenzo  memulai pertarungan dengan tambahan bobot 5 kg. Bobot ini memengaruhi beban pada M1 sekaligus harus mengubah format performanya. Urusan 5 kg di MotoGP bukan hal kecil.

Jauh dari itu , JL terdeteksi tak merawat fisik dengan baik. Ya kedodoran lah sejak awal seri dan bangkit di paruh musim. Sejak seri Indianapolis di paroh musim, ia mulai bangkit dan tercatat sebagai pengumpul poin terbanyak. Ia meraup total poin 166 dari seri Indianpolis hingga seri pemungkas Valencia.

Dalam kurun yang sama, Marquez hanya petik poin 137, Rossi 154 dan Dani Pedrosa  98. “Jika seri balapan dimulai dari Indy, tentu ceritanya akan berbeda. Terlalu banyak hilang poin di awal. Itu artinya saya harus lebih bagus dalam persiapan musim depan, terutama fisik,” katanya.

Soal kesiapan M1, rider pabrikan Yamaha itu merasa sudah banyak kemajuan dan mampu bersaing dengan RC213V tunggangan Marquez. Tolok ukurnya adalah performa dirinya maupun Valentino Rossi di beberapa seri akhir. Jika M1 bisa dikembangkan sedikit lagi pada tes Sepang mendatang, JL percaya diri untuk kermbali tarung dalam perebutan gelar.

Ia mengakui Marquez sebagai pembalap yang sangat bertalenta, cerdas, dan bernyali tinggi sehingga selalau siap ambil risiko. “Itu yang membuatnya sangat cepat dan selalu ingin tercepat. Tapi, pada saat sama terbuka kemungkinan crash  yang bisa merugikannya.  Kecenderungan itu selalu terbuka pada Marc meski tahun ini jumlah kecelakaannya di trek hanya 11 kali, menurun dibandingklan musim 2013 yang 15 kali,” ujar JL yang musim ini hanya dua kali jatuh dari motornya, tak lain karena tak ingin ambil risiko.

Tanda main aman.  Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Marquez dan Pedrosa ke Jepang, Sekadar Pesta Bareng Pembalap Lokal

MotoGP 2015: Kata Mekanik Ohlins Datang Ke Sentul, Pedrosa dan Marquez Diperlakukan Sama

MotoGP: Rossi Tegaskan Ulang Juara Dunia 2015, Jaminannya M1 Dan Mekaniknya

MotoGP 2014: Beralih Dari Honda RCV1000R ke RC213V, Redding Masih Kelimpungan

BAGIKAN