nhk

MotoGP 2015: Masuk Paruh Kedua Kompetisi, Suzuki Siapkan Sasis Baru dan SSG

 

 

ManiakMotor – Suzuki kecele di Sachsenring. Menderita sejak sesi latihan dan saat balapan pun kedua pembalapnya yang sibuk saling tekuk. Apa yang salah?

Mesin baru yang digendong Suzuki GSX-RR tampil dahsyat di Catalunya dengan hasil Aleix Espargaro pole position dan Maverick Vinales grid ke-2. Lanjut ke Assen, masih oke karena Aleix bisa start front row.

Masuk Sachsenring sebenarnya kubu Suzuki sangat bergairah. Pasalnya, trek 3,7 km dengan jarak tikungan rapat-rapat itu dianggap cocok dengan kondisi GSX-RR yang masih kalah power dibandingkan pabrikan lain. Trek lurusnya pun tak panjang. Kondisi itu dianggap menguntungkan GSX-RR yang lebih mengandalkan kelincahan bermanuver ketimbang tenaga mesin.

Ternyata salah Brosist! Sejak sesi latihan bermasalah. Aleix hanya bisa tembus urutan start 7 di Q2, sementara Vinales harus melewati Q1 terlebih dulu meski akhirnya juga hanya urutan 12 di Q2.

Dan, saat balapan, kedua rider beda generasi itu sibuk duel sendiri memperebutkan posisi 10 Besar. Mereka saling tekuk di tikungan seolah musuh besar dan terus saling tempel sampai garis finish. Aleix kemudian unggul hanya dengan selisih waktu  0,021 detik. Aleix kemudian lagi-lagi mengeluhkan akselerasi yang sangat kurang dibandingkan tim lain. Motornya selalu telat ngangkat tenaga begitu keluar dari tikungan.

Lantas, apa solusinya? Yang beri jawaban adalah Satoru Terada, Pemimpin Proyek kembalinya Suzuki ke MotoGP. Menurut bos besar itu, SSG (Seamless Shift Gearbox) adalah barang baru yang sudah harus dipasok ke GSX-RR. “Akselerasi adalah titik lemah kami. SSG adalah solusi paling efektif. Itutak hanya membantu performa motor secara teknis, tapi juga berpengaruh besar pada kenyamanan dan kepercayaan diri pembalap,” katanya.

Doski pun memastikan para insinyur Suzuki  tengah merampungkan pengambangan SSG dan sepertinya akan siap uji coba pada jadwal tes Misano minggu depan. Agar lebih mantap, sasis baru pun dibawa ke Misano. Dan, tak usah ditanya komentar Aleix. Pasti senang karena memang sudah ditunggu-tunggu. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Sachsenring (Pasca Race): 9 Seri Sisa, Rossi Yakin Fight di 6 Sirkuit

MotoGP 2015 Sachsenring (Pasca Race): Tes di Misano, Marquez Ingin Lebih Kencang Lagi

MotoGP 2015 Sachsenring (Pasca Race): Dihajar Rossi 4,3 Detik, Lorenzo Bilang Mimpi Buruk

MotoGP 2015 Sachsenring (Pasca Race): Bantu Singkirkan Lorenzo, Rossi Terima Kasih Kepada Pedrosa

MotoGP 2015 Sachsenring Pasca Race: Marquez Kebetulan Sirkuitnya Cocok Dengan Dirinya Dan Honda

BAGIKAN