nhk

MotoGP 2015: Mesin Baru V4 Aprilia, Pneumatic Valve, Kencang Di Test Jerez

 

ManiakMotor – Pabrikan Italia Aprilia untuk kali pertama meluncurkan mesin V4. Untuk sementara ketahuan pakai pneumatic valve dalam tes Jerez yang berakhir Kamis (27/11). Power-nya langsung meletup-letup. Sehari sebelumnya Suzuki berlari 1 menit 40.1 detik, Aprilia masih lebih lambat sikit, hehe.

Tak disebutkan berapa besar tambahan tenaga. Yang jelas harus di atas 250 dk untuk mensetarakan dengan Yamaha dan Honda.  Menurut bos Aprilia, Romano Albesiano, mesin itu lebih dahsyat dari seri pendahulunya. Sekalian lebih asoy dari mesin yang membawa Aleix Espargaro menjuarai kelas CRT musim 2013.

Dua joki mencoba mesin itu, Alvaro Bautista yang pindahan dari Gresini Honda dan Marco Melandri yang memang joki Aprilia di WSBK. Bautista bikin fastest lap 1:40,6 detik sementara Melandri main di 1:41,5. Sebagai langkah awal, boleh juga tuh waktunya Bautista meski masih tertinggal 2 detik dibandingkan waktu Marc Marquez saat merebut pole position GP Jerez pada Mei lalu.

Kala itu Bautista sendiri bikin 1:39,751 dari atas Honda RC213V. “Mengesankan dan masih ada ruang untuk dikembangkan. Selain mesin, fokus saya juga pada sasis untuk menemukan solusi agar posisi lebih nyaman. Mesin baru punya power bagus  dibandingkan yang sebelumnya saya pakai, tapi masih banyak yang harus dipelajari,” ucap Bautista yang dalam kesempatan ini melahap 131 laps.

Seperti Bautista, Albesiano pun yakin catatan waktu Aprilia masih bisa ditingkatkan dan sepertinya akan lebih dekat dengan pesaing pada sesi tes pra musim di Sepang, Malaysia, 4 Februai 2015. “Banyak data penting yang kami himpun di sini, termasuk performa Bridgestone yang secara khusus diuji Melandri. Semua data ini menjadi bekal para insinyur untuk menyiapkan motor ke test Sepang. Setidaknya masih terdapat beberapa celah yang berpotensi dikembangkan, jadi kami cukup percaya diri menuju langkah berikutnya,” tambah Albesiano.

Yang penting ikut dulu, supaya rame. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Test Pramusim Sepang: Apa Yang Kamu Bisa Perbuat Miller Dengan Power 250 dk?

MotoGP 2015: Pasar Indonesia Alasan Suzuki Kembali Ke MotoGP

MotoGP 2015: Lorenzo Ingin Regulasi Wet Race Dirombak Tahun Depan

MotoGP 2015: Test Pramusim Jerez 25 November: Time Suzuki Tinggal Selisih 0.3 Detik Dari Fastest Lap

BAGIKAN