nhk

MotoGP 2015 Misano (Jelang FP3/Q2): Lorenzo Makin Pede, Aerodinamika Winglet Belum Signifikan

ManiakMotor – Jorge Lorenzo benar-benar jadi ancaman bagi jagoan tuan rumah Valentino Rossi. Dua FP pada Jumat 11 September di sirkuit Misano, M1-nya ternyata jauh lebih kinclong dibandingkan M1 The Doctor. Ini pun dia berjanji akan ngilap lagi di FP3 sampai Q2 bila aerodimika pada fairing (winglet) berhasil ia tahu keuntungannya.

Dikalahkan Marc Marquez di FP1, JL pun memainkan beberapa varian setingan di FP2. Termasuk mengganti ban belakang dengan kompon lebih lunak. Di pertengahan sesi, JL kembali ke lintasan dengan setelan anyar disertai winglet pada fairing untuk memanfaatkan terpaan angin untuk handling. Hasilnya, doski paling tokcer dengan catatan waktu 1:32,871 sekaligus mengubur rekor lama milik Marquez. Itu rekor sementara karena di sesi kualifikasi pastinya akan lebih laju lagi.

JL setuju rekor kecepatan tak lain karena aspal baru yang mulus. “Selain itu, saya sangat suka karakter sirkuit ini. Cocok dengan gaya balapku,” katanya tanpa menjabarkan macam apa sih gayanya itu. Setahu portal ini gaya JL selalu mengawali tikungan dengan out bangat dengan posisi in melucur dan out tikungan juga memanjang, modelnya parabolik.

Soal winglet yang ternyata sudah dijajal dalam tes Aragon silam, JL merasa belum ketemu efeknya secara signifikan. Kalaupun ada, katanya, sejauh ini sangat kecil. Ya iyalah, desain yang diubah juga sikit kok. Hanya melebarkan sayap fairing beberapa millimeter dan lubang kecil untuk memberi udara lewat situ.

Ia juga membantah kalau sayap tambahan itu meniru Ducati yang sepanjang musim 2015 sudah menggunakannya, juga nempel di fairing. Yamaha, katanya,  sudah pakai winglet pada musim 1999 saat diperkuat Carlos Checa dan Max Biaggi.  Setelah 15 tahun digudangkan, itu singlet …eh…winglet kembali diusung Yamaha dalam tes Aragon.

“Saya ingin menjajalnya sesegera mungkin untuk melihat keuntungannya. Masih dalam tahap memahami dan mencari kelebihannya. Harus lihat telemetri untuk tahu persisnya. Sejauh ini  belum begitu terasa bedanya,” imbuh JL.

Dalam sesi FP3 dan 4 pda Sabtu (12/9),JL akan kembali turun dengan si winglet. Jika memang oke maka alat itu akan digunakan pada sesi Q2 maupun raceday. “Bahkan bisa jadi dipakai sampai akhir musim,” tandasnya. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Moto2, Moto3 Misano, San Marino 11 – 13 September 2015

MotoGP 2015 Misano FP2: M1 Rossi/Lorenzo Pakai Fairing Aerodinamika Baru, Lorenzo Tercepat

MotoGP 2016 (Kalender Semusim): Indianapolis Hilang, Austria Masuk, Indonesia dan Thailand Harus Tunggu

MotoGP 2015 Misano San Marino FP1: Marquez Tercepat, Lorenzo Ke-2, Rossi Hanya Ke-6

MotoGP 2015 Misano (Jelang FP1/FP2): Matematikanya Marquez Punya Peluang, Prakteknya Ampun..!

BAGIKAN